Semua Varian iPhone 2020 Bakal Bisa Terhubung ke 5G

Oleh Andina Librianty pada 31 Jul 2019, 12:00 WIB
Apple Luncurkan Tiga iPhone Anyar, XR, XS dan XS Max

Liputan6.com, Jakarta - Analis Ming-Chi Kuo memperkirakan Apple akan melengkapi tiga varian iPhone 2020 dengan modem 5G. Sebelumnya, ia memprediksi hanya dua iPhone 2020 yang bisa kompatibel dengan jaringan telekomunikasi baru tersebut.

Dilansir dari GSM Arena, Rabu (31/7/2019), Kuo meyakini Apple akan lebih baik dalam menyesuaikan pengembangan iPhone 5G, setelah mengakuisisi bisnis modem smartphone Intel beberapa waktu lalu. Oleh sebab itu, perusahaan diperkirakan bisa membuat seluruh varian baru iPhone pada tahun depan kompatibel dengan jaringan 5G.

Selain itu, Kuo juga memperkirakan harga ponsel Android 5G pada semester kedua 2020 akan berada di kisaran USD 250 hingga 350. Hal ini, katanya, akan memaksa Apple untuk menghadirkan perangkat 5G, bahkan pada perangkat entry-level miliknya.

Konsumen akan melihat 5G sebagai nilai jual utama pada tahun depan dan ini membuat Apple bisa mengambil keuntungan melalui kerja sama dengan operator seluler. Keuntungan lain, perangkat 5G akan menjadi potensi Apple untuk menumbuhkan ekosistem Augmented Reality (AR).

Kuo juga mengklaim, iPhone 5G pertama akan disokong sub-6GHz, bukan teknologi mmWave. Kendati demikian, pihak Apple sejauh ini belum mengonfirmasi tentang rencana peluncuran iPhone 5G.

2 of 2

Apple Setop Penjualan iPhone SE di India

Ilustrasi iPhone
iPhone (AP Photo/Charles Rex Arbogast, File)

Lebih lanjut, penjualan iPhone di India dilaporkan tidak berjalan dengan sangat baik. Menurut laporan, perusahaan bahkan menghentikan penjualan beberapa model smartphone miliknya.

Dilansir dari GSM Arena, Apple telah menghentikan penjualan iPhone SE, 6, 6 Plus dan 6s Plus di India. iPhone SE dan 6 merupakan smartphone termurah Apple di negara tersebut.

Setelah penghentian penjualan, smartphone termurah Apple di India saat ini adalah iPhone 6s. Harga jualnya USD 116 lebih mahal daripada iPhone SE.

Langkah Apple ini disebut sebagai strategi baru perusahaan di india. Apple memproduksi iPhone SE dan 6 di India, bersama dengan iPhone 7. Kapasitas produksi yang kosong karena penghentian penjualan iPhone SE dan 6, akan digunakan untuk menambah produksi model iPhone lain. Perusahaan juga berencana untuk melanjutkan program buy-back dan cashback di negara tersebut.

Selain iPhone, Apple juga memiliki strategi baru lainnya untuk memperbesar ceruk pasarnya di India. iOS 13 akan menjadi versi pertama yang disesuaikan untuk konsumen India dengan dukungan 22 bahasa lokal, termasuk untuk Apple Maps, di negara tersebut.

(Din/Why)

Lanjutkan Membaca ↓