Teleskop NASA Temukan Tiga Planet di Dekat Tata Surya

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 31 Jul 2019, 07:00 WIB
Teleskop Hubble NASA

Liputan6.com, Jakarta - Teleskop NASA menemukan tiga exoplanet yang terletak di bintang terdekat dari tata surya kita. Exoplanet merupakan sebutan untuk planet yang berada di luar tata surya kita. 

Lewat program Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS), NASA menemukan ketiga planet tersebut.

Ketiganya antara lain super-Earth alias planet yang ukurannya lebih besar dari Bumi. Kemudian, dua lainnya merupakan planet yang mirip dengan Neptunus.

Sebagaimana dikutip dari CNET, Rabu (31/7/2019), bintang terdekat dengan tata surya ini disebut 'TESS Object of Interest 270' atau TOI 270. Nama formal bintang ini adalah UXAC4 191-004642.

Bintang ini 40 persen lebih kecil dan tiga kali lebih dingin daripada Matahari di tata surya kita. Jarak bintang ini dari tata surya kita sekitar 73 tahun cahaya dan masih bisa digolongkan sebagai tetangga dengan Bumi.

TESS, dengan bantuan teleskop, menemukan planet-planet di TOI 270 dengan cara mencari bintang yang redup dan menunjukkan planet-planet yang melintasinya.

2 of 3

Tentang Tiga Planet yang Ditemukan NASA

Antariksa
Foto angkasa luar yang ditangkap oleh teleskop angkasa luar milik NASA, Hubble. (ESA/Hubble/NASA/RELICS)

Adapun exoplanet terdekat dengan TOI 270 berukuran 25 persen lebih besar daripada Bumi dan permukaannya penuh batuan. Planet yang disebut super-Earth ini diberi nama TOI 270 b.

Sayangnya, di planet ini tidak bisa ada kehidupan manusia, sebab, menurut NASA, planet TOI 270 b sangatlah panas karena jaraknya yang dekat dengan pusat tata suryanya.

Exoplanet lain yang ditemukan NASA dengan bantuan teleskop adalah TOI 270 c dan TOI 270 d. Planet ini mirip dengan Neptunus yang didominasi oleh gas.

"Planet TOI 270 c dan TOI 270 d, mungkin bisa digambarkan sebagai Neptunus mini, tipe planet yang tidak terlihat di tata surya kita," kata NASA.

Menurut NASA, penemuan exoplanet alias planet di luar tata surya kita ini baru permulaan.

"TOI 270 akan memungkinkan kita untuk mempelajari 'missing link' antara planet berbatu yang mirip Bumi dengan planet-planet Neptunus mini yang didominasi gas. Karena, semua tipe ini terbentuk dalam sistem yang sama," kata Penulis Utama dalam Makalah Nature Astronomy Maximilian Gunther.

3 of 3

Tentang Program TESS Milik NASA

Teleskop Hubble (sumber: NASA)
Teleskop Hubble (sumber: NASA)

Sekadar informasi, TESS dirilis pada 2018 dan bertugas untuk menemukan exoplanet. TESS juga telah menemukan sebuah planet yang memiliki tiga matahari.

Ahli astronomi berencana untuk meneliti lebih jauh mengenai bintang TOI 270 setelah NASA meluncurkan penerus dari teleskop James Webb Space Telescope, pada 2021 mendatang.

TESS sendiri dianggap piawai menemukan berbagai jenis exoplanet. Namun, yang paling menarik adalah keberhasilan TESS menemukan planet yang kemungkinan memiliki kandungan air dan bisa mendukung kehidupan.

Sayangnya, TOI 270 tidak termasuk ke dalam daftar planet yang mampu mendukung kehidupan.

(Tin/Why)

Lanjutkan Membaca ↓