Sukses

Ups, Kontraktor Apple Ikut Dengarkan Rekaman Suara Pribadi Pengguna Siri

Apple mengklaim mendengarkan rekaman suara Siri merupakan bagian dari pekerjaan para kontraktor yang dipekerjakan.

Liputan6.com, Jakarta - Kontraktor di Apple rupanya kerap mendengarkan rekaman suara pribadi pengguna Siri.

Dikutip The Guardian, Senin (29/7/2019), suara yang didengar antara lain meliputi suara transaksi obat-obatan, rekaman pasangan sedang berhubungan seks, hingga informasi medis yang sifatnya rahasia.

Upaya mendengarkan rekaman suara Siri ini merupakan bagian dari pekerjaan para kontraktor yang dipekerjakan Apple. Tujuannya adalah menghadirkan kontrol kualitas atau penilaian terhadap asisten suara Siri milik Apple.

Meskipun Apple tidak secara eksplisit menyebut dalam dokumen privasi konsumen, sebagian kecil rekaman suara Siri diteruskan ke kontraktor Apple yang bekerja di seluruh dunia.

Para kontraktor ini rupanya ditugasi untuk menilai respons Siri, apakah aktivasi suara itu disengaja atau tidak, serta apakah respons Siri sesuai atau tidak dengan pertanyaan pengguna.

Apple menyebutkan, data-data itu ditujukan "Untuk membantu Siri dalam mengenali, memahami, dan merespons perintah yang diberikan pengguna."

Namun, Apple tak secara eksplisit menyatakan para kontraktor mengenali suara pengguna anonim atau tidak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Klarifikasi Apple

Kepada The Guardian, Apple mengatakan, pihaknya hanya menganalisis sejumlah kecil rekaman suara dan perintah Siri.

"Sebagian kecil perintah pada Siri dianalisis untuk meningkatkan (kemampuan) Siri. Permintaan pengguna tidak terkait dengan Apple ID pengguna. Respons Siri dianalisis dalam fasilitas yang aman dan semua pengulas wajib mematuhi perintah untuk menjaga kerahasiaan," kata Apple.

Tidak hanya itu, jumlah sampel rekaman suara pun sangat kecil, yakni kurang dari 1 persen dibandingkan aktivasi harian Siri. Apple menyebut, penilaian biasanya hanya mendengarkan rekaman berdurasi beberapa detik.

3 dari 3 halaman

Dengarkan Informasi Pribadi Pengguna Siri

Seorang sumber anonim yang bekerja untuk kontraktor Apple menyebutkan keprihatinannya. Pasalnya, aktivasi Siri bisa dilakukan secara tak sengaja dan mengambil informasi pribadi pengguna yang sangat sensitif.

Contohnya, Siri bisa diaktifkan secara tak sengaja ketika perangkat mengenali kata "bangun" atau pun "hey Siri". Hal ini tentu bisa dimengerti, namun menurut sumber tersebut, Siri juga bisa diaktifkan dengan suara lainnya yang agak kencang.

Misalnya, saat Apple Watch mendeteksi suara, Siri secara otomatis bisa diaktifkan.

"Ada banyak contoh rekaman yang menampilkan diskusi pribadi antara dokter dan pasien, kesepakatan bisnis, transaksi ilegal, hubungan seksual, dan sebagaimana. Bahkan, rekaman ini disertai dengan data pengguna yang menunjukkan lokasi, detail kontak, hingga data aplikasi," kata sumber yang enggan disebut namanya itu.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.
    Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.

    Apple

  • Siri

Video Terkini