Sukses

Twitter Benahi Masalah Twit Gaib

Kamu sering lihat twit gaib di lini masa Twitter? Sebentar lagi masalah ini akan selesai.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna aktif Twitter beberapa bulan belakangan ini pasti pernah mendapati unavailable tweets di lini masanya. Hal ini cukup menjengkelkan, mengingat pengguna malah disuguhi serangkaian twit gaib, alih-alih membaca twit yang diharapkan pada sebuah twit atau utas.

Jumat (19/7/2019), Twitter akhirnya angkat bicara mengenai isu ini. Melalui akun resmi @TwitterSupport, disampaikan bahwa jejaring sosial berbasis mikroblog tersebut sedang berupaya untuk menyelesaikan masalah ini. 

Dijelaskan pula beberapa hal yang menyebabkan twit gaib tersebut, yaitu "twit tersebut telah dihapus atau diproteksi (ditulis oleh akun dengan setelan privat), atau twit itu memuat kata kunci yang dibisukan. Dalam beberapa pekan ke depan, kamu akan melihat lebih banyak konteks pada setiap peringatan untuk membantu menjelaskan mengapa twit itu tidak tersedia," ujar Twitter.

Selain itu, menurut amatan Tekno Liputan6.com, ada pula beberapa hal yang boleh jadi menyebabkan twit gaib, yakni twit itu berasal dari pengguna yang telah memblokir kamu; kamu telah memblokir pengguna itu; pengguna dengan setelan privat telah me-retweet twit itu; twit itu telah menandai seseorang yang telah kamu blokir; dan twit itu telah ditandai sebagai konten sensitif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemakaian Ikon pada Percakapan

Selain perbaikan atas masalah twit gaib, Twitter juga tengah menguji pemakaian ikon pada percakapan atau utas. Hal ini diklaim akan memudahkan pengguna mengikuti alur percakapan.

Ada tiga macam ikon yang disematkan pada pengguna yang terlibat di percakapan, yakni ikon mikrofon, ikon "@" dan ikon kecil orang dengan tanda centang. Ketiga ikon itu menandakan peran berbeda dari masing-masing pengguna yang terlibat di dalam percakapan.

Pemakaian ikon semacam ini sebetulnya bukan hal baru. Awal tahun ini Twitter pernah menguji pemberian label "author" dan "mentioned". Untuk melihat perbedaannya, simak sampel twit di bawah ini. 

Di antara pemakaian label dan ikon, manakah yang lebih kamu sukai?

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.