Sukses

Deretan Meme Lucu soal Aplikasi FaceApp yang Sedang Viral

Berikut ini beberapa meme tentang FaceApp yang sedang ramai diperbincangkan di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi FaceApp kembali viral di media sosial beberapa hari terakhir. Kembali ramainya pemakaian aplikasi edit wajah ini turut didukung dengan tagar #FaceAppChallenge yang banyak beredar di media sosial.

Oleh sebab itu, saat ini banyak berseliweran di lini masa Twitter atau feed Instagram unggahan pengguna media sosial yang memajang wajah tuanya setelah diedit melalui aplikasi FaceApp.

Namun, sama seperti tren yang viral di media sosial, unggahan FaceApp kali ini tidak luput dari guyonan warganet. Buktinya, banyak meme bertema aplikasi besutan pengembang asal Rusia tersebut.

Beberapa di antara unggahan meme itu berisi guyonan timeline media sosial saat ini kebanyakan berisi konten dari FaceApp. Utamanya, gambar pengguna yang diubah menjadi tua.

Tidak hanya itu, ada beberapa warganet yang mengunggah gambar sejumlah figur publik yang ternyata tidak berubah meski sudah memakai aplikasi FaceApp.

Untuk mengetahui seperti apa unggahan tersebut, berikut ini ada beberapa yang sudah dihimpun Tekno Liputan6.com, Jumat (19/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

FaceApp Kembali Viral, Bahaya Keamanan Pengguna Jadi Perhatian

Untuk informasi, FaceApp adalah aplikasi edit foto berbasis AI (artificial intelligence) yang bisa 'memermak' foto selfie dengan sejumlah efek, termasu mengubah foto kamu menjadi lebih tua, anak-anak, pria, hingga wanita.

Digunakan oleh banyak orang dan sangat menghibur, terkadang banyak pengguna yang tidak menyadari aplikasi tersebut dapat mengakses sejumlah fitur di dalam smartphone, ataupun informasi pribadi pengguna.

Beberapa pertanyaan muncul seiring kembali viralnya aplikasi ini. Seperti, apakah FaceApp dapat mengakses camera roll tanpa persetujuan?

Dikutip dari laman Tech Crunch, Kamis (18/7/2019), peneliti keamanan dan CEO Guardian App, Will Strafach dan peneliti Baptiste Robert tidak menemukan bukti mengenai hal tersebut.

3 dari 3 halaman

Sekilas Soal Aplikasi FaceApp

Aplikasi ini memang memungkinkan kamu memilih satu foto tanpa memberinya akses ke galeri foto. Tetapi, sebenarnya hal ini mendapatkan izin 100 persen dari API Apple saat iOS 11 diperkenalkan.

Ini memungkinkan pengembang membiarkan pengguna memilih satu foto dari sistem untuk diunggah ke aplikasi. Secara teori, FaceApp dapat memproses foto-foto di perangkat itu sendiri.

Yaroslav Goncharov, mantan eksekutif Yandex dan CEO FaceApp mengatakan, foto yang diunggah ke aplikasi tersimpan di server perusahaan.

Hal tersebut dilakukan untuk menyimpan bandwidth jika pengguna menggunakan beberapa filter sekaligus, dan dihapus dalam waktu 48 jam sejak di-upload.

Tentu saja, kita tidak mengetahui dengan pasti apakah FaceApp benar-benar menghapus data foto pengguna, tetapi perlu dinggat, kita selalu mengunggah foto wajah ke server perusahaan sepanjang waktu, seperti ke Facebook atau Google.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.