Google Doodle Merayakan 50 Tahun Pendaratan di Bulan Hari Ini

Oleh Iskandar pada 19 Jul 2019, 01:34 WIB
Google Doodle Merayakan 50 Tahun Pendaratan di Bulan Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memperingati perayaan 50 tahun pendaratan bulan dan manusia pertama kali menginjakkan kaki di bulan, Google menciptakan Google Doodle interaktif yang seakan-akan membawa kita ke bulan.

Google Doodle pada hari ini, Jumat (19/7/2019), tercipta berkat kerjasama antara Google dengan NASA--memungkinkan pengguna melakukan perjalanan ke bulan lewat video pendek yang diceritakan oleh astronot Apollo 11 Michael Collins.

Saat kamu mengeklik Google Doodle di laman utama pencarian, video pendek yang menampilkan misi Apollo 11 akan berjalan.

Dalam video tersebut Collins menceritakan awal peluncuran roket pada 16 Juli 1969 pagi, sampai ke pendaratan awak Apollo 11 di Samudra Pasifik pada 24 Juli 1969.

Apollo 11 tiba di permukaan bulan pada 20 Juli 1969, di mana Neil Armstrong mengambil satu langkah kecil dan menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan pada hari berikutnya.

 

2 of 4

Parayaan Panjang

Monumen Washington Berubah Jadi Roket Saturn V
Gambar ukuran sebenarnya roket NASA, Saturn V, diproyeksikan di Monumen Washington menandai peringatan 50 tahun misi Apollo 11 ke bulan di National Mall, Washington, Selasa (16/7/2019). Pada 16 Juli 1969, NASA mencatatkan sejarah dengan melakukan peluncuran Apollo 11. (Brendan Smialowski/AFP)

Digital Trends melaporkan, perayaan untuk memperingati 50 tahun Apollo 11 digelar sepanjang minggu. Pada Selasa lalu, CBS menyajikan liputan berita asli pendaratan di bulan.

Collins dan sesama astronot Apollo 11, Buzz Aldrin, juga muncul di siaran langsung untuk NASA pada hari Selasa, di mana mereka mengenang misi dan mengadakan sesi tanya jawab.

Monumen Washington bahkan terlibat dalam perayaan tersebut, di mana monumen itu dinyalakan agar terlihat seperti roket misi Apollo 11.

 

3 of 4

Bukan Kali Pertama

Misi Apollo 11 di permukaa Bulan
Misi Apollo 11 di permukaa Bulan (NASA)

Ini bukan pertama kalinya Google merayakan momen pendaratan di bulan. Sebelumnya, raksasa teknologi itu membuat Google Doodle soal Apollo 11 untuk peringatan 40 tahun pada 2009 dan juga pada 2005.

Menurut Google, lebih dari 2.000 doodle telah dibuat di seluruh dunia sejak tahun 2000.

“Eksplorasi ruang angkasa berlanjut hingga hari ini, dengan tonggak bersejarah seperti Stasiun Luar Angkasa Internasional dan rencana misi ke Mars. Baru-baru ini, program Artemis NASA--dinamai saudara perempuan Apollo dalam mitologi Yunani--bertujuan untuk membawa wanita pertama ke bulan," demikian pernyataan Google dalam blog resminya.

Menurut NASA, astronot akan kembali ke bulan sekali lagi pada tahun 2024, pertama kali manusia menginjakkan kaki di bulan sejak 1972. NASA akan fokus pada penyediaan komersial dan program kru komersial untuk misi bulan baru.

(Isk/Ysl)

4 of 4

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓