Sukses

Kecanggihan Teknologi di Balik Ajang Tour de France

A.S.O. dan NTT merevolusi pengalaman menyaksikan Tour de France untuk penggemar di seluruh dunia dari berbagai jalur baik secara langsung, seluler, TV, dan media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - NTT, penyedia layanan teknologi global dengan Amaury Sport Organisation (A.S.O.), penyelenggara Tour de France, telah memperbarui kemitraan mereka hingga 2024. Kemitraan ini dipelopori oleh Dimension Data pada 2015.

Dengan adanya perpanjangan perjanjian ini memungkinkan NTT untuk terus memberikan inovasi terbaru dalam meningkatkan pengalaman penggemar serta menarik generasi baru yang cakap digital.

Lima tahun menjalin kerjasama, NTT dan A.S.O. telah menjadi pemimpin dalam menggunakan teknologi canggih untuk olahraga bersepeda. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan data dapat merevolusi pengalaman penggemar olahraga.

Hal tersebut telah membuka jalan bagi NTT untuk menggunakan keahliannya dalam mendigitalisasikan bidang olahraga lainnya seperti stadion dan velodrom yang terhubung.

"Sejak 2015, A.S.O. dan NTT telah merevolusi pengalaman menyaksikan Tour de France untuk penggemar di seluruh dunia dari berbagai jalur, baik secara langsung, seluler, TV, dan media sosial," kata Yann Le Moenner, CEO di A.S.O melalui keterangannya, Kamis (18/7/2019).

Platform analitik NTT dan “pabrik konten” yang dikembangkan bersama, Moenner melanjutkan, memungkinkan memproduksi sekitar 2.000 konten eksklusif setiap tahun dan yang disiarkan di semua layar.

Sementara Jason Goodall, CEO NTT Ltd. menambahkan, "Sebagai Dimension Data, kami meningkatkan daya tarik Tour de France dan membawa para pendukungnya untuk lebih dekat kepada pengendara sepeda favorit mereka."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur yang Diperbarui

Sejumlah fitur teknologi yang diperbarui sedang diuji untuk lebih dapat meningkatkan pengalaman para penggemar Tour de France. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Grafik TV yang Ditingkatkan - memperkaya siaran televisi internasional dengan grafik baru termasuk pendalaman data dari tim data NTT, dan pemetaan 3D dari situasi lomba secara langsung.
  • Menguji Augmented Reality (AR) - menggunakan teknologi untuk menciptakan visi tentang bagaimana penggemar yang berada di dalam rumah dapat menonton dan berinteraksi dengan balapan di masa depan.
  • "Le Buzz" - model ini merupakan pembelajaran mesin baru yang diuji coba untuk pertama kalinya di Tour de France 2019. Model ini menganalisis gerakan dalam peloton untuk memprediksi setiap momen yang potensial seperti peningkatan kemungkinan kecelakaan terjadi, perpecahan di peloton, atau perubahan dalam dinamika balapan.
  • Prediktor "Catch the Break" - #NTTPredictor telah ditingkatkan untuk memperhitungkan berbagai strategi balapan yang dimainkan di titik-titik berbeda dalam satu stage, melalui machine learning tersendiri untuk setiap 10km dari perlombaan.
  • Stage Favorit – dapat memprediksi jalannya stage yang dapat diperbaharui secara langsung di seluruh tahapan balapan berdasarkan pada peristiwa yang terjadi.
  • Cloud platform automation - semua solusi teknologi yang digunakan di Tour De France akan memanfaatkan cloud NTT, dan dikembangkan serta didukung oleh tim global. Melalui kombinasi DevOps dan cloud automation, mampu secara gesit mengadopsi perubahan pemanfaatan teknologi berdasarkan permintaan pengguna atau disesuakani kebutuhan.
  • Layanan Platform Terkelola- memberikan peluang semua inovasi untuk meningkatkan pengalaman penggemar di Tour de France melalui platform yang kuat dan andal.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini