Berbagi Tautan Google Photos Buka Celah Privasi

Oleh Liputan6.com pada 18 Jul 2019, 12:00 WIB
Google Photos

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pengguna aktif Google Photos dan biasa membagikan tautan berisi album atau foto-foto kamu ke orang-orang lain? Kalau iya, kamu patut waspada.

Dilansir lewat Ubergizmo, Kamis (18/7/2019), seorang peneliti Robert Wiblin menerbitkan tulisan di Medium, yang mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam membagikan tautan Google Photos kepada orang lain. Ternyata, orang yang memiliki tautan Google Photos, boleh jadi dapat mengakses foto-foto lain yang ada di aplikasi.

Google sebagai penyedia layanan ini sebenarnya menyadari hal tersebut. Dalam situs webnya, Google menyebut, "Siapa pun yang memiliki (akses ke) tautan, tentu bisa melihat album (foto)".

Tampaknya, ini akan menjadi tugas serta pengawasan besar bagi Google untuk melindungi penggunanya.

2 of 2

Perbedaan sistem tautan Google Photos dan Google Drive

Aplikasi lainnya yang ada di bawah naungan Google, yaitu Google Drive, memiliki sistem tautan yang berbeda. Di layanan berbagi dan penyimpanan file tersebut, hanya penerima terpilih yang dapat mengakses file di dalam aplikasi.

Perbedaan sistem keamanan antara Google Drive dan Google Photos menjadi pertanda bahwa pengguna harus lebih waspada dalam membagikan tautan Google Photos.

Sementara itu, kamu bisa membuka laman Google Support untuk mendapatkan informasi, bagaimana cara menghentikan berbagi album dengan orang lain.

(Linda Fahira Putri/Why)

Lanjutkan Membaca ↓