Sukses

Berbagi Tautan Google Photos Buka Celah Privasi

Perbedaan sistem keamanan antara Google Drive dan Google Photos menjadi pertanda bahwa pengguna harus lebih waspada dalam membagikan tautan Google Photos.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pengguna aktif Google Photos dan biasa membagikan tautan berisi album atau foto-foto kamu ke orang-orang lain? Kalau iya, kamu patut waspada.

Dilansir lewat Ubergizmo, Kamis (18/7/2019), seorang peneliti Robert Wiblin menerbitkan tulisan di Medium, yang mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam membagikan tautan Google Photos kepada orang lain. Ternyata, orang yang memiliki tautan Google Photos, boleh jadi dapat mengakses foto-foto lain yang ada di aplikasi.

Google sebagai penyedia layanan ini sebenarnya menyadari hal tersebut. Dalam situs webnya, Google menyebut, "Siapa pun yang memiliki (akses ke) tautan, tentu bisa melihat album (foto)".

Tampaknya, ini akan menjadi tugas serta pengawasan besar bagi Google untuk melindungi penggunanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbedaan sistem tautan Google Photos dan Google Drive

Aplikasi lainnya yang ada di bawah naungan Google, yaitu Google Drive, memiliki sistem tautan yang berbeda. Di layanan berbagi dan penyimpanan file tersebut, hanya penerima terpilih yang dapat mengakses file di dalam aplikasi.

Perbedaan sistem keamanan antara Google Drive dan Google Photos menjadi pertanda bahwa pengguna harus lebih waspada dalam membagikan tautan Google Photos.

Sementara itu, kamu bisa membuka laman Google Support untuk mendapatkan informasi, bagaimana cara menghentikan berbagi album dengan orang lain.

(Linda Fahira Putri/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini