Sukses

Kemkominfo Buka Pendaftaran 1000 Startup Digital 2019 hingga Akhir Tahun

Kemkominfo telah membuka pendaftaran program pembinaan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2019 hingga akhir tahun ini.

Liputan6.com, Kraków - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah membuka pendaftaran program pembinaan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2019 hingga akhir tahun ini. Peminat program dapat mendaftar melalui https://participant.1000startupdigital.id/.

"Selama tiga tahun perjalanan, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah memberikan kesempatan bagi puluhan ribu anak Indonesia untuk merealisasikan mimpi besar mereka melalui solusi digital," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dalam keterangannya kepada Tekno Liputan6.com, Rabu (17/7/2019).

Tahun ini, lanjut Semuel, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital hadir dengan strategi, tahapan dan fitur-fitur yang berbeda. Konsep untuk perluasan skala dan peningkatan kualitas pengembangan startup digital, termasuk mengajak kementerian dan lembaga lain serta mitra lokal, akan diterapkan.

Tak hanya itu, kurikulum program pun telah direvisi dengan berfokus pada inkubasi. Selain itu, portofolio dan kualitas mentor akan ditingkatkan.

"Gerakan ini bukan sekolah, melainkan upaya untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital. Apalagi di Indonesia masih banyak peluang untuk membuat solusi dari permasalahan sehari-hari sampai masalah kota dan bangsa; mulai dari pertanian, pendidikan, kesehatan dan lain-lain," ujar Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Ekonomi Digital, Lis Sutjiati.

Oleh sebab itu, program pembinaan ini pun bersifat inklusif. Seluruh individu berusia usia 18-40 tahun yang ingin membangun usaha digital dapat mendaftarkan diri. Untuk gelombang pendaftaran 2019 ini, dalam tiga hari pertama telah ada sekitar 4.000 pendaftar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bekal untuk bersaing secara global

Lebih lanjut, secara umum pembangunan sumber daya manusia menjadi salah satu prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Dalam pidato pertamanya sebagai presiden terpilih yang bertajuk Visi Indonesia, Presiden Joko Widodo menjelaskan komitmen pemerintah untuk mengidentifikasi, memfasilitasi, serta memberikan dukungan pendidikan dan pengembangan diri bagi talenta-talenta Indonesia.

Di era baru ini, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital kembali didukung oleh berbagai institusi pemerintahan, masyarakat dan komunitas termasuk Kumpul yang terpilih menjadi koordinator nasional.

Faye Alund, CEO Kumpul menuturkan, "Kami sangat mengapresiasi KEMKOMINFO untuk kepercayaannya kepada Kumpul sebagai koordinator nasional program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital."

Sebagai platform pembelajaran bersama yang memberdayakan coworking space, lanjut Faye, Kumpul ingin menciptakan ekosistem yang berfokus pada pertumbuhan wirausaha. "Melalui Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, kami berharap dapat menghadirkan jaringan kewirausahaan yang lebih inklusif dan berkelanjutan," ujar Faye.

(Why/Ysl) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.