Sukses

Rentan Diretas, Logitech Imbau Pengguna Update Dongle USB Nirkable Segera

Bagi kamu yang menggunakan mouse wireless Logitech, segera update software untuk dongle perangkat biar tidak menjadi korban peratasan dari jarak jauh.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tahun yang lalu, peretas (hacker) menemukan cara bagaimana mereka dapat mengendalikan PC dari jarak jauh (remote) dengan cara mengeksploitasi kerentanan di dongle nirkabel Logitech.

Terkini, dongle yang Logitech sertakan di dalam setiap paket penjualan perangkat wireless mereka masih rentan dari jarak jauh yang sama, yakni MouseJack.

Adapun perangkat yang dongle-nya masih rentan terhadap peretasan, termasuk Unifying Receiver dan mouse nirkabel gaming seri G900, sebagaimana dilansir The Verge via Ubergizmo, Rabu (17/7/2019).

Logitech pun langsung meluncurkan patch untuk mengatasi kerentanan tersebut, tetapi The Verge menemukan produk yang dijual saat ini masih menyertakan dongle yang belum mendapatkan pembaruan patch.

Untungnya, kamu dapat meng-update dongle nirkabel milik Logitech ini dengan mudah.

Yang harus dilakukan adalah mengunduh file--sesuaikan dengan OS yang digunakan--untuk receiver Logitech Unifying (Windows/Mac) atau Logitech G900 gaming mouse (Windows).

Setelah selesai diunduh, klik masing-masing file dan ikuti instruksi di layar untuk menambal kerentanan tersebut.

Ini seharusnya dapat memperbaiki celah yang ada di dongle Logitech, setidaknya untuk saat ini. Perusahaan berencana akan meluncurkan patch tambahan untuk mengatasi masalah itu pada Agustus nanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Logitech Rilis Wireless Mouse Edisi Khusus

Logitech M238 Marvel Collection. Liputan6.com/ Yuslianson

Lebih lanjut, perusahaan yang berbasis di Swiss tersebut baru saja memperkenalkan mouse ekslusif, Logitech M238 Marvel, yang terinspirasi dari karakter-karakter di komik Marvel.

Adapun karakter-karakter yang menginspirasi desain Logitech M238, termasuk Captain America, Iron Man, Black Panther, dan Spider-Man.

“Melalui Logitech Marvel Collection ini, kami ingin membuat mouse M238 ini tampak memikat hati fans berat Marvel dan peengguna umum lainnya," tulis Ismail Maksum, Country Manager Logitech Indonesia, di dalam keterangan resminya, Selasa (4/12/2018).

Penasaran dan ingin koleksi mouse ekslusif ini? Logitech M238 Marvel Collection saat ini sudah tersedia di pasaran dengan banderol harga Rp 300 ribuan.

(Linda Fahira Putri/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini