Sukses

MediaTek Pamer Chipset Helio G90 untuk Smartphone Gaming

Sejalan dengan semakin berkembangnya industri gim mobile, MediaTek mengumumkan chipset Helio G90 untuk vendor yang ingin merilis smartphone gaming

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan industri gim tidak hanya dimeriahkan dengan kehadiran berbagai smartphone yang didedikasikan untuk bermain gim. Produsen chip juga turut ikut memanfaatkan peluang tersebut.

Dilansir GSM Arena, Kamis (18/7/2019), MediaTek mengumumkan chipset untuk smartphone gaming pertamanya, yakni Helio G90. Perusahaan asal Taiwan tersebut mengumumkan keberadaan Helio G20 melalui sebuah gambar, yang diunggah di jejaring sosial Weibo.

Sayangnya, MediaTek tidak mencantumkan informasi lain tentang chipset tersebut. Kendati demikian, bocoran tentang performanya telah beredar.

G90 diprediksi berbasis pada Helio P90, yang memiliki CPU dengan dua inti Cortex-A75 (2.2GHz) dan enam inti A55 (2.0GHz). Sementara untuk GPU, hardware itu disokong Imagination PowerVR GM9446 (970MHz), yang menjanjikan peningkatan 15 persen dibandingkan Mali-G72 yang ada pada Helio P70.

Untuk GPU pada chipset G90 ini, MediaTek dinilai meningkatkan pengalaman gaming dengan modus khusus, seperti yang dimiliki chipset Kirin.

Smartphone gaming sendiri tampak kian populer. Namun, muncul kritikan karena kebanyakan di antaranya menggunakan chipset yang sama seperti flagship smartphone non-gaming. Kehadiran Helio G90 dan produk serupa dari Qualcomm, Snapdragon 855 Plus, diharapkan dapat memberikan pengalaman gaming jauh lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

ROG Phone 2 Jadi Smartphone Pertama dengan Snapdragon 855 Plus

Lebih lanjut, ROG Phone 2 akan menjadi smartphone pertama dengan chipset Snapdragon 855 Plus. Chipset ini dihadirkan khusus untuk perangkat mobile gaming, termasuk dukungan virtual reality lebih baik.

Snapdragon 855 Plus merupakan versi yang sudah ditingkatkan kemampuannya dari Snapdragon 855 biasa. Performanya dipastikan jauh lebih baik.

Kendati demikian, sejauh ini belum begitu banyak informasi tentang ROG Phone 2. Informasi lain yang diketahui yakni fresh rate perangkat tersebut, 120Hz.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini