Apple Setop Penjualan iPhone SE di India

Oleh Andina Librianty pada 16 Jul 2019, 15:07 WIB
Ilustrasi iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan iPhone di India dilaporkan tidak berjalan dengan sangat baik. Menurut laporan, perusahaan bahkan menghentikan penjualan beberapa model smartphone miliknya.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (16/7/2019), Apple telah menghentikan penjualan iPhone SE, 6, 6 Plus dan 6s Plus di India. iPhone SE dan 6 merupakan smartphone termurah Apple di negara tersebut.

Setelah penghentian penjualan, smartphone termurah Apple di India saat ini adalah iPhone 6s. Harga jualnya USD 116 lebih mahal daripada iPhone SE.

Langkah Apple ini disebut sebagai strategi baru perusahaan di india. Apple memproduksi iPhone SE dan 6 di India, bersama dengan iPhone 7. Kapasitas produksi yang kosong karena penghentian penjualan iPhone SE dan 6, akan digunakan untuk menambah produksi model iPhone lain. Perusahaan juga berencana untuk melanjutkan program buy-back dan cashback di negara tersebut.

Selain iPhone, Apple juga memiliki strategi baru lainnya untuk memperbesar ceruk pasarnya di India. iOS 13 akan menjadi versi pertama yang disesuaikan untuk konsumen India dengan dukungan 22 bahasa lokal, termasuk untuk Apple Maps di negara tersebut.

2 of 2

iPhone 2020 Diprediksi Dorong Pertumbuhan Penjualan Apple

Apple Luncurkan Tiga iPhone Anyar, XR, XS dan XS Max
IPhone XS (kiri) dan XS Max diperlihatkan saat peluncuran produk baru Apple di California (12/9). iPhone XS dan XS Max tersedia tiga warna (gold, silver, abu-abu) dan tiga konfigurasi memori (64GB, 256GB, dan 512GB). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Lebih lanjut, J.P. Morgan Chase memperkirakan kehadiran iPhone baru pada September 2020 akan mendorong pertumbuhan penjualan perangkat flagship Apple. Perusahaan disebut akan merilis empat varian iPhone baru sekaligus.

"Perkiraan positif kami untuk 2020 didorong dengan prediksi saat ini untuk peluncuran empat model iPhone dan lebih banyak peningkatan spesifikasi secara signifikan," ungkap analis J.P. Morgan, Samik Chatterjee, dalam laporannya, seperti dilansir dari CNBC.

Chatterjee memerkirakan akan ada beberapa nilai jual baru pada iPhone 2020. Beberapa di antaranya layar organic light-emitting diode (OLED), modem berkecepatan tinggi dan sejumlah fitur virtual reality (VR).

Selain itu, ia mengatakan kemungkinan besar Apple akan mengejar lebih banyak kategori "value" dibandingkan sebelumnya. Kategori ini terkait kehadiran iPhone 2020 dengan harga lebih terjangkau, yang berukuran sama dengan iPhone 8, tetapi tanpa modem 5G dan layar OLED.

Perkiraan tentang iPhone 2020 sudah muncul, kendati iPhone 2019 sendiri belum diumumkan. Menurut laporan, smartphone baru Apple pada tahun ini akan diumumkan pada September 2019 dan hadir dalam tiga varian tanpa modem 5G.

(Din/Why)

Lanjutkan Membaca ↓