Kantor UFO Apple Jadi Gedung Termahal di Dunia

Oleh Agustinus Mario Damar pada 16 Jul 2019, 10:00 WIB
Megahnya Kantor Pusat Apple yang Mirip UFO Raksasa

Liputan6.com, Jakarta - Kantor baru Apple yang disebut-sebut memiliki bentuk mirip UFO ini dilaporkan telah menyandang predikat baru. Berdasarkan perhitungan terbaru, bangunan tersebut menjadi yang termahal di dunia.

Dikutip dari The Guardian, Selasa (16/7/2019), nilai pembangunan kantor ini diprediksi mencapai USD 5 miliar. Sebagai perbandingan, Burj Khalifa yang disebut sebagai gedung tertinggi di dunia hanya memakan biaya USD 1,5 miliar.

Sementara nilai bangunan itu sendiri kini diperkirakan mencapai USD 4,17 miliar. Biaya dan nilai bangunan yang tinggi itu tidak lepas dari komponen bangunan yang didesain khusus.

"Setiap bagiannya didesain khusus, mulai dari bentuk cincin dan ubin yang dirancang khusus termasuk dikelilingi oleh pinus Gurun Mojave," tutur David Ginsborg, wakil penilai wilayah Santa Clara, tempat kantor Apple berada.

Kehadiran kantor Apple yang bernilai tinggi ternyata turut berpengaruh pada daerah setempat. Sebab, menurut aturan di California, perusahaan diharuskan membayar pajak bangunan sekitar 1 persen dari nilai bangunan.

Untuk itu, Apple diprediksi harus membayar pajak sekitar USD 40 juta per tahun ke pemerintah California.

Kendati demikian, tidak sedikit pihak menyebut pajak yang dibayarkan itu tidak banyak berkontribusi pada masalah tuna wisma di sekitarnya.

Perlu diketahui, Apple sendiri merupakan salah satu pembayar pajak bangunan terbesar di wilayah tersebut. Kantor anyar ini lebih dikenal dengan nama Apple Campus. 

2 of 3

Apple Rilis Gim iOS Lawas untuk Peringati 10 Tahun App Store

Texas Hold'em
Untuk merayakan 10 tahun App Store, Apple kembali menghadirkan gim Texas Hold'em di toko aplikasinya (Foto: The Verge)

Terlepas dari hal itu, Apple sebelumnya merayakan ulang tahun toko aplikasi App Store, yang ke-10 dengan cara yang unik.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS, itu merilis update gim lawas Texas Hold'em yang bisa diunduh dan dimainkan di iPhone.

Apple memilih meng-update gim ini sebagai bentuk perayaan ulang tahun App Store, pasalnya, 11 tahun lalu, Texas Hold'em menjadi gim pertama yang dijual di App Store.

Mengutip laman The Verge, Kamis (11/7/2019), halaman App Store untuk Texas Hold'em menyebutkan, update gim ini untuk merayakan 10 tahun App Store.

Hal ini memang kelihatannya unik, pasalnya tanggal peluncuran Apple sama dengan tanggal perilisan Texas Hold'em.

Bedanya, Texas Hold'em berusia setahun lebih tua daripada App Store.

Sekadar informasi, pembaruan gim Texas Hold'em ini menyuguhkan beberapa karakter baru, tampilan visual yang lebih modern, dan terpenting, dirancang untuk sistem arsitektur 64-bit. Dengan begitu, Texas Hold'em bisa masuk mendukung iOS 11.

3 of 3

Tentang Gim Texas Hold'em

Ilustrasi Apple
Ilustrasi Apple (AP Photo/Mark Lennihan)

Texas Hold'em merupakan gim dengan sejarah yang cukup baik di Apple. Versi aslinya diluncurkan sebagai salah satu gim pertama di iPod, pada 2006.

Apple terus memakai gim Texas Hold'em sebagai demo teknologi awal ketika dirilis sebagai gim pertama di App Store pada 2008.

Di mana, saat itu gim dapat dikembangkan menggunakan software development kit (SDK) milik Apple sekaligus memperlihatkan bahwa layar sentuh iPhone bisa dipakai untuk menghadirkan pengalaman gim yang lebih baik.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by