Review Realme X, Punya RAM 8GB dan Kamera 48MP

Oleh Andina Librianty pada 15 Jul 2019, 17:01 WIB
Realme X

Liputan6.com, Jakarta - Realme menghadirkan flagship terbarunya, Realme X. Smartphone ini akan semakin memperkuat posisi Realme di pasar smartphone dunia.

Realme mengklaim smartphone ini mengisi posisi terataras di keluarganya. Oleh sebab itu, perusahaan mengemas Realme X dengan performa mumpuni di kelasnya.

Ada dua fitur utama Realme X yang cukup menonjol, yakni kamera depan dengan desain pop-up dan sensor sidik jari di dalam layar.

Tim Tekno Liputan6.com telah menjajal Realme X selama beberapa hari. Smartphone yang kami review berwarna Polar White. Berikut ringkasan review Realme X:

Desain

Smartphone ini hadir dengan desain berbeda dibandingkan produk Realme lain. Realme X memilih menyembunyikan kamera depan dengan konsep pop-up, demi mencapai rasio layar 90 persen. Desainnya mirip seperti Oppo F11 Pro.

Layar smartphone ini menggunakan panel Super AMOLED. Penggunaaan layar ini bertujuan agar Realme bisa membenamkan sensor sidik jari di dalamnya. Layar ini memancarkan cahaya di area tertentu berbentuk sidik jari, sehingga pengguna dapat membuka kunci smartphone dengan lebih mudah.

Smartphone dengan layar berukuran 6,53 inci (1.080 x 2.340 piksel) ini juga nyaman digenggam. Namun bodi berbalut material plastik, membuat bekas sidik jari di bagian belakang mudah menempel. Oleh sebab itu, pastikan tangan tidak berminyak ketika menggenggam smartphone ini.

Realme X hanya memiliki tiga tombol fisik. Tombol on/off di sisi kanan, sedangkan volume +/- di bagian kiri perangkat.

Sisi kanan Realme X (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Bagian kiri Realme X (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Kemudian di bagian bawah perangkat, terdapat audio jack 3.5mm dan port USB Type-C untuk pengisian daya. Speaker grill berada di samping keduanya. Kamera depan dengan konsep pop-up terdapat di sisi atas perangkat.

Bagian bawah Realme X (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Bagian atas Realme X (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

2 of 4

Kamera

Realme X
Kamera depan Realme X (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Realme X dibekali dengan sensor utama 48MP dari Sony IMX 586 untuk pengambilan gambar dalam mode wide, dan 5MP depth sensor. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 16MP dengan aperture f/2.0, yang menggunakan sensor Sony IMX 471.

Realme X (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Kami menggunakan Realme X untuk mengambil gambar dalam kondisi terang dan redup di malam hari. Secara keseluruhan, kualitas fotonya tidak mengecewakan.

Pada hasil foto di luar ruangan saat siang hari, warna-warna yang ada di dalam foto tampak menonjol. Ketika diperbesar di dalam ponsel, memang terlihat ada noise, tapi detailnya masih terlihat.

Hasil foto Realme X saat siang hari (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil foto Realme X saat siang hari (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil foto Realme X saat siang hari (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil foto Realme X saat siang hari dengan zoom 2x (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil foto Realme X saat siang hari (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Untuk hasil foto pada malam hari, fitur Nightscape cukup bermanfaat. Fitur ini sudah menjadi jagoan Realme sejak Realme 3. Fitur ini bisa membuat kamera menangkap pemandangan malam dengan hasil lebih baik.

Hasil foto Realme X saat malam hari dengan fitur Nightscape (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil foto Realme X saat malam hari tanpa fitur Nightscape (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil kamera belakang Realme di dalam ruangan (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil kamera belakang Realme di dalam ruangan (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil foto dengan Nightscape, memberikan kontras warna lebih tinggi dan detail lebih baik. Namun memang noise tetap ada ketika foto diperbesar. Namun untuk tampil di layar smartphone, hasilnya cukup baik.

Sementara kamera pop-up Realme X 16MP, bekerja dengan baik. Ketika fungsi kamera depan dipilih, kamera dalam waktu cepat langsung muncul di bagian atas perangkat.

Realme sudah memperhitungkan keamanannya mengingat kerentanan desain pop-up ketika ponsel jatuh. Jika pengguna tidak sengaja menjatuhkan smartphone ini, maka sistem akan langsung mendeteksinya dan kamera secara otomatis akan kembali masuk ke dalam bodi Realme X.

Hasil kamera depan cukup memuaskan. Opsi Natural menghasilkan foto bagus. Hasilnya tidak berlebihan, dan terlihat alami. Kontras warna dan detail subjek foto tidak berlebihan.

Hasil kamera depan Realme X (Foto: Liputan6.com)

Hasil foto kamera depan Realme X dengan mode Portrait (Foto: Liputan6.com)

Kamera Realme X juga memiliki fitur Portrait. Namun untuk fitur ini, rasio fotonya hanya 4:3. Fitur-fitur lain yang ada pada kamera Realme X adalah Nightscape, Pano, Expert, Time-Lappse, dan Slo-Mo.

3 of 4

Performa

Realme X
Realme X (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Realme X disokong prosesor Qualcomm Snapdragon 720 dengan kecepatan clock CPU hingga 2.2GHz. Bersama dengan GPU Adreno 616, Realme mengklaim smartphone ini memiliki rendering gambar 3D berjalan dengan baik. Dalam pengujian di benchmark platform AnTuTu, Realme X mencetak skor 156.615.

Skor benchmark Realme X (Foto: Liputan6.com)

Realme X menjalankan OS Android Pie dengan antarmuka Color OS 6.0. Fitur baru yang menarik adalah kehadiran pemindai sidik jari di bawah layar. Pemindai sidik jari ini sangat responsif, dan hanya membutuhkan waktu tidak kurang lebih satu detik untuk membuka kunci perangkat.

Tampilan fitur pemindai sidik jari Realme X (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Selain pemindai sidik jari, fitur keamanan lain yang ada pada smartphone ini adalah Face unlock dan Passcode. Pemindai sidik jari sendiri tidak hanya bisa digunakan untuk membuka kunci, tapi juga mengunci aplikasi.

Realme X memiliki RAM 8GB dan memori internal 128GB. Kapasitas penyimpanan yang besar ini membuat pengguna leluasa. Sayangnya, smartphone ini tidak memiliki slot untuk memori eksternal.

Performanya secara keseluruhan juga cukup memuaskan. Ketika dicoba membuka aplikasi sekaligus, tidak ada lag. Namun memang ketika mencoba bermain gim kurang lebih 30 menit, bodi belakang perangkat terasa sedikit menghangat.

Kami mencoba bermain gim PUBG Mobile pada Realme X. Grafis High menjadi yang dipilih secara otomatis ketika memainkan gim tersebut. Pilihan grafis ini disesuaikan dengan spesifikasi smartphone yang digunakan.

Grafis PUBG Mobile di Realme X (Foto: Liputan6.com)

Grafis PUBG Mobile di Realme X (Foto: Liputan6.com)

Realme

Ketika memainkan gim ini, semuanya berjalan dengan baik. Pergerakan jari di layar terasa mulus, dan tidak ada lag.

Untuk membuat pengalaman bermain gim lebih menyenangkan, smartphone ini juga dilengkapi Game Space. Melalui fitur ini, salah satu yang bisa dilakukan pengguna yaitu memblokir panggilan masuk dan kemunculan banner ketika bermain gim.

4 of 4

Kesimpulan:

Realme X
Realme X (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Realme X bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin memiliki smartphone baru dengan harga terjangku, dan spesifikasi yang cukup menggiurkan. Namun, konsumen Indonesia harus bersabar karena kemungkinan Realme X baru dirilis beberapa pekan lagi.

Saat dirilis di Tiongkok, belum lama ini, Realme X dijual seharga 1.499 yuan atau sekitar Rp 3 jutaan.

Tanpa perlu merogoh kocek puluhan juta, konsumen bisa mendapatkan sejumlah fitur baru di industri smartphone seperti pemindai sidik jari di dalam layar dan kamera pop-up.

Ditambah lagi, tawaran RAM 8GB dan memori internal 128GB, yang tak bisa dipandang sebelah mata, meski tidak ada slot untuk memori eksternal.

Spesifikasi:

Layar: AMOLED 6,53 inci (1.080 x 2.340 piksel) dengan lapisan perlindungan Corning Gorilla Glass 5

OS: Android 9.0 (Pie), ColorOS 6

Prosesor: Qualcomm Snapdragon 710

GPU: Adreno 616

RAM: 8GB

Memori internal: 128GB

Dua kamera belakang: 48MP dan 5MP (f/2.4)

Kamera depan: 16MP

Baterai: Li-Po 3.765 mAh dengan fitur VOOC 3.0 Flash Charge.

(Din/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓