Rambah Dunia Esports, IDN Times Akuisisi GGWP.ID

Oleh Agustinus Mario Damar pada 15 Jul 2019, 15:00 WIB
IDN Times

Liputan6.com, Jakarta - IDN Media resmi merambah industri esports Tanah Air. Hal itu dipastikan setelah IDN Times mengakuisisi GGWP.ID, sebuah media esports di Indonesia.

Lewat akusisi ini, pendiri GGWP.ID Ricky Setiawan akan tetap menjalankan perannya sebagai CEO. Keputusan IDN Times mengakusisi GGWP.ID tidak lepas dari pertumbuhan industri esports dalam negeri.

"Kami sangat bersemangat memasuki industri esports serta bekerja sama dengan Ricky dari tim GGWP.ID. Melalui GGWP.ID, kami memiliki visi menciptakan perusahaan esports terbesar dan terdepan Indonesia," tutur founder & CEO IDN Media Winston Utomo dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (15/7/2019).

IDN Media menuturkan memiliki visi untuk menjadikan GGWP.ID sebagai perusahaan esports terdepan di Indonesia. Tidak hanya itu, mereka ingin mengubah stereotip negatif masyarakat terhadap esports.

Terlebih, faktanya bermain esports dapat mengasah kecerdasan, kemampuan kerja dalam tim, fokus dan cara berpikir strategis. Untuk itu, lewat GGWP.ID, IDN Media ingin memperkenalkan dan mempromosikan potensi termasuk dampak positif dari esports.

"IDN Media bisa membantu kami menjangkau audiens yang lebih luas dan mewujudkan mimpi kami esports dapat dinikmati siapa saja," tutur founder & CEO GGWP.ID Ricky Setiawan.

Perlu diketahui, GGWP.ID memiliki empat unit bisnis utama, yakni esports media, esports tournament platform, tim esports, dan esports creative.

GGWP.ID juga berkolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Asosiasi Game Indonesia menggelar event gim terbesar, Game Prime.

2 of 3

Puluhan Gim Lokal hingga Esports Bakal Meriahkan BEKRAF Game Prime 2019

BEKRAF Game Prime 2019
BEKRAF Game Prime 2019 segera digelar pada Juli 2019. (Doc: Insidea)

Sebelumnya, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) berkolaborasi dengan GGWP.ID dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) untuk menyelenggarakan event industri gim terbesar di Indonesia, BEKRAF Game Prime.

Memasuki tahun keempat penyelenggaraannya, BEKRAF Game Prime bakal digelar pada 13 dan 14 Juli 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Tahun ini, perhelatan akbar industri gim Tanah Air tersebut mengusung konsep eksibisi yang siap menghibur puluhan ribu gamer dari seluruh Indonesia.

“Aplikasi dan Gaming merupakan salah satu sub sektor di BEKRAF. Penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai angka 56% sehingga market gim juga semakin besar,” tulis Hari Santosa Sungkari, Deputi Infrastruktur BEKRAF, sebagaimana dikutip dari keterangan resminya, Minggu (7/7/2019).

“Bicara soal industri, gim sudah menghadirkan karir baru, contohnya dengan adanya esportss, atlet, dan profesi lain seperti shoutcaster, dan profesi lain serta industri lain di belakang itu. Bahkan kini gim bukan hanya sebagai entertainment” tambahnya.

Sebagai salah satu bagian di industri Game Indonesia, Narenda Wicaksono, presiden AGI, juga turut hadir serta berbicara mengenai perkembangan developer gim di Indonesia serta manfaat dari BEKRAF Game Prime 2019 ini.

“Banyak karya lokal yang mendunia berasal dari Tanah Air. Ada gim karya developer Indonesia mencapai 100 juta download, dan ada juga yang terkenal. Semisal Dreadout yang mencapai 50 juta pengguna aktif serta dibuat menjadi film,” kata Narenda.

(Dam/Isk)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓