Serunya Keliling Markas Google Jepang di Tokyo

Oleh Yuslianson pada 15 Jul 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 16 Jul 2019, 20:14 WIB
Google Japan

Liputan6.com, Tokyo - Bersamaan dengan gelaran acara Google Solve with AI di Tokyo, Jepang, Tekno Liputan6.com berkesempatan mengelilingi ke markas Google di Jepang.

Berlokasi di area perkantoran Roppongi Hills, Google Jepang menempati 7 lantai (dua lantai terpisah) di gedung Mori Tower.

Penasaran seperti apa suasana di dalam kantor Google di Jepang?

Pemberhentian pertama, kami langsung menuju ke salah satu dapur yang ada di kantor Google. Menariknya, ini merupakan satu-satunya dapur yang memiliki koleksi teh paling lengkap di tujuh lantai kantor Google tersebut.

Bagi Googlers (karyawan Google) yang ingin bersantai, perusahaan sudah menyediakan beberapa ruangan yang dapat digunakan.

Selain untuk lepas penat, karyawan yang ingin bekerja dengan santai juga bisa menggunakan ruangan ini. Sayangnya, saat Tekno Liputan6.com berkunjung hanya diperlihatkan satu ruangan.

Namun, dari ruangan yang ditunjukkan dengan interior khas budaya Jepang--lengkap dengan ruangan tatami--terasa sangat nyaman untuk bekerja.

2 dari 4 halaman

Gunung Fuji

Lantai berikutnya yang dituju adalah salah satu spot yang diklaim sering menjadi spot selfie Googlers dan tamu perusahaan.

Apa yang membuat lokasi ini menarik? Disebutkan, Gunung Fuji yang terlukis di dinding merupakan hasil karya salah satu pelukis pemandangan yang dapat ditemui di berbagai onsen (pemandian umum) di Jepang.

Di foto ini kamu dapat melihat salah satu alat yang digunakan Google untuk memetakan jalan dan lokasi untuk Maps.

Tampak ada dua alat yang dipertunjukkan, satu dengan sepeda (seperti becak), dan satu lagi harus didorong. Kedua perangkat ini digunakan bilamana sedang memetakan jalan yang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat.

3 dari 4 halaman

Lorong Kantor Google yang Unik

Sebenarnya banyak sekali lorong-lorong kantor Google memiliki wallpaper yang unik. Sayang, kami tidak diperbolehkan untuk 'keliaran' dengan bebas.

Toh ini cukup wajar, mengingat kami berkunjung ke salah satu kantor teknologi terbesar di dunia. Jadi pasti ada tempat-tempat yang tidak boleh diakses oleh pihak eksternal.

Terkait dengan wallpaper yang menghiasi lorong kantor Google, kami diberitahu, setiap lantai dan area kantor memiliki motif yang berbeda satu sama lain, termasuk zodiak hingga tumbuhan khas Jepang.

Ini salah satu lokasi kafetaria atau kantin di kantor Google yang memiliki pemandangan area Roppongi.

4 dari 4 halaman

YouTube Space Lokasi Favorit Konten Kreator

YouTube Space merupakan area terakhir yang kami kunjungi saat tur kantor Google. Sesuai dengan namanya, ini merupakan area yang didedikasikan khusus untuk para kreator YouTube.

Saat berkeliling, kami diperlihatkan sejumlah set atau lokasi yang sering digunakan dalam video YouTube, seperti area ruang tamu hingga set khusus minimarket.

Menariknya, tim produksi rela membuat set minimarket ini dengan sangat detail. Tampak sejumlah barang properti dibuat sangat mirip dengan aslinya, bahkan ada pula seragam yang dapat dipakai oleh para kreator atau artis saat syuting.

Tak hanya itu, lantai ini juga menjadi lantai favorit para penyanyi atau band yang sedang melakukan aksi live di YouTube. Kenapa?

Karena pada area ini, para penampil bakal menggunakan salah satu background paling cantik, yakni pemandangan langsung Tokyo Tower.

Diketahui, para penampil ini lebih memilih datang dan membuat konten di malam hari agar dapat menikmati kemerlap lampu Tokyo Tower dan sekitarnya.

(Ysl/Isk)

 

Lanjutkan Membaca ↓