Usai Gempa Ternate, Telkomsel Pastikan Jaringan Aman

Oleh Agustinus Mario Damar pada 15 Jul 2019, 11:02 WIB
Gempa Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Gempa dengan magnitudo 7,2 menguncang wilayah Maluku Utara pada Minggu, 14 Juli 2019. Adapun gempa itu berpusat di 62 km Timur Laut Kota Labuha dan terasa hingga di pusat kota Ternate.

Berdasarkaan pangamatan Liputan6.com, sebagian besar warga di pesisir pusat kota itu panik dan menyelamatkan diri ke dataran tinggi usai diguncang gempa.

Menyusul kejadian tersebut, Telkomsel memastikan bahwa jaringan di wilayah tersebut tidak mengalami gangguan yang masif. Karenanya, pengguna Telkomsel di Ternate dan Kabupaten Halmahera masih dapat menikmati layanan voice, SMS, dan layanan data.

"Manajemen Telkomsel turut prihatin atas bencana gempa bumi yang terjadi di Ternate dan Kabupaten Halmahera Selatan. Semoga warga terdampak diberi ketabahan untuk proses pemulihan lebih lanjut," tutur VP ICT Network Management Area Pamasuka Telkomsel, Samuel Pasaribu, dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (15/7/2019).

Kendati demikian, Samuel menuturkan ada sebagian kecil layanan BTS Telkomsel yang sempat mengalami gangguan.

Namun, kini sudah kembali normal seiring dengan pulihnya keseluruhan pasokan listrik dari PLN yang sebelumnya sempat padam di beberapa titik.

"Telkomsel juga langsung mengambil langkah cepat dengan menyiagakan dan memaksimalkan perangkat Mobile Backup Power (MBP) sebagai langkah antisipasi ke depan di sejumlah titik yang terdampak bencana," tutur Samuel.

Untuk informasi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakui akun twitter @infoBMKG menyatakan, pusat gempa berada 0.59 Lintang Selatan dan 128.06 Bujur Timur atau berjarak 62 kilometer dari timur laut Labuha, Maluku Utara.

BMKG menginformasikan, gempa tersebut berada dalam kedalaman 10 kilometer. Dalam keterangannya, BMKG juga menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

2 of 3

Mudahkan Komunikasi Pelanggan, Telkomsel Hadirkan Paket Haji

Ibadah Haji
Umat muslim mengelilingi Kabah saat melakukan ibadah haji di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi (28/8). Umat Muslim dari berbagai negara setiap tahunnya melaksanakan ibadah haji pada tanggal 8-12 Dzulhijjah. (AP Photo / Khalil Hamra)

Adapun informasi sebelumnya Telkomsel mengumumkan paket komunikasi untuk pelanggan yang beribadah haji. Layanan yang dimaksud adalah Promo Haji, berupa paket internet, telepon, dan SMS sesuai dengan kebutuhan.

Paket ini bisa digunakan tanpa perlu mengganti nomor pelanggan maupun setting device/ smartphone.

Dengan paket Promo Haji, para jamaah haji tetap dapat berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan keluarga di Tanah Air dengan tetap menjaga agar penggunaan internet harian tetap terkendali dan mencegah tagihan yang tak terduga.

Pelanggan juga dapat berkomunikasi dengan menghemat biaya lebih dari 50 persen dengan mengaktifkan pilihan Paket Promo Haji 3in1.

Mengutip keterangan resmi Telkomsel yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (12/7/2019), paket Haji 3in1 tersedia mulai dari paket 20 hari yang terdiri dari 50 menit telepon ke nomor Indonesia, lokal dan terima telpon, 50 SMS dan 7GB layanan data selama di Arab Saudi dengan tarif Rp 550 ribu.

Selain itu tersedia juga Paket 3in1 30 hari dan 40 hari, Paket Internet 20 hari, Paket Internet 30 hari, Paket Internet 40 Hari, dan Paket Talk Mania 1 Hari, yang bisa dipilih pelanggan sesuai kebutuhannya.

Paket Promo Haji dapat diaktifkan dengan dengan menghubungi *266*15# atau melalui aplikasi MyTelkomsel yang dapat diakses di Indonesia dan luar negeri.

(Dam/Ysl)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓