Sukses

Tak Cuma WhatsApp dan Instagram, iCloud Juga Sempat Down

Setelah WhatsApp dan Instagram sempat tumbang beberapa hari lalu, layanan iCloud juga sempat tak bisa diakses oleh sebagian pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan WhatsApp dan Instagram sempat tumbang enam hari lalu, giliran layanan iCloud yang tak bisa diakses oleh sebagian pengguna pada Jumat (5/7/2019).

Mengutip laman 9to5Mac, Senin (8/7/2019), para pengguna kesulitan untuk sign in ke iCloud dan mengakses akun mereka.

Pengguna juga tidak bisa mengakses layanan Photos, Mail, Backup, Find My Friends, Contacts, hingga Calendars.

Apple Stores juga kabarnya terdampak tumbangnya layanan dan tidak bisa dipakai untuk memproses transaksi.

Banyak pengguna membagikan masalah ini ke Twitter. Halaman status sistem Apple mencatat downtime ini terjadi di hampir semua layanan iCloud, termasuk masalah saat masuk dan mengakses akun.

Tidak hanya itu, pengguna iCloud yang terdampak menyebutkan, mereka mendapatkan notifikasi berupa, "Pengguna mungkin mengalami masalah dengan layanan ini."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aplikasi Pihak Ketiga Ikut Terdampak

Meluasnya masalah ini membuat banyak aplikasi ikut terdampak, termasuk tool pengembang dan aplikasi pihak ketiga.

Menurut seorang pengguna yang mencoba memperbaiki perangkat iPhone-nya di Apple Store, masalah ini terjadi di seluruh Amerika.

Sementara, pengguna lain mengkonfirmasi, berhentinya layanan membuat mereka tidak bisa melakukan transaksi di Apple Store. Bahkan, masalah iCloud yang tumbang ini telah menjadi masalah yang mendunia.

Ada juga pengguna yang mengaku, tidak bisa mengakses Apple Pay. Mereka menyebut, tidak bisa melakukan pembelian ataupun mengedit kartu Apple Pay-nya.

Begitu juga dengan Find My Friends dan Find My Phone yang juga mengalami pemadaman. Sejumlah pengguna tidak bisa menemukan lokasi teman dan keluarganya. Pengguna juga tidak dapat memainkan lagu di perangkat.

3 dari 3 halaman

WhatsApp dan Instagram Tumbang Sebelumnya

Beberapa hari lalu, aplikasi pesan WhatsApp tampaknya tak bisa dipakai dengan normal oleh sebagian penggunanya. Layanan kirim pesan teks masih dapat digunakan secara normal.

Namun, layanan kirim dan unduh foto, video, dan pesan suara tak bisa diakses secara normal.

Pengguna mengaku tidak bisa mengunduh foto, video, dan file-file lain. Ketika foto tak bisa diunduh, WhatsApp memberi notifikasi "download failed" dan konten pun tidak bisa diunduh.

Kejadian ini tidak hanya dikeluhkan oleh pengguna di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Media The Independent, Rabu (3/7/2019) malam menuliskan masalah serupa yang dialami oleh WhatsApp.

Pada hari yang sama, tak hanya WhatsApp, layanan lain milik Facebook, yakni Instagram juga dilaporkan tumbang.

Situs Down Detector mencatat, selama satu jam terakhir jumlah laporan tumbangnya Instagram meningkat tajam.

Seperti WhatsApp, pengguna Instagram di negara-negara Eropa seperti Inggris, Swedia dan lain-lain terdampak masalah ini. Demikian juga pengguna yang ada di Amerika Serikat, sebagian Asia (termasuk Indonesia), dan sebagian Afrika terdampak oleh tumbangnya layanan Instagram.

Menurut laporan pengguna, mereka tidak bisa mendapatkan update gambar-gambar terbaru yang diunggah di Instagram. Selain itu, sebagian pengguna mengaku tak bisa mengunggah Instagram Stories dan gambar di feed Instagram.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.