Sukses

Tim Cook Tak Tertarik Lagi Sama Desain Jony Ive?

Laporan dari Wall Street Journal (WSJ) menyatakan kalau Tim Cook sebenarnya sudah 'tidak tertarik' saat membicarakan desain dengan Ive.

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Jony Ive minggu lalu mungkin jadi imbas langkah Apple yang lebih fokus ke sistem daripada desain.

Namun baru-baru ini, laporan dari Wall Street Journal (WSJ) menyatakan kalau Tim Cook sebenarnya sudah 'tidak tertarik' saat membicarakan desain dengan Ive.

Dikutip dari Engagdet, Selasa (2/7/2019), Jony Ive sudah jarang berkunjung ke kantor Apple setelah perilisan Apple Watch.

Gadget ini sendiri dipandang Ive sebagai aksesoris fashion, bukan perangkat keras, dan sukses terjual 'hanya' 10 juta unit.

Ive dikabarkan frustrasi dengan kultur perusahaan yang berubah sepeninggalan Steve Jobs. Ditambah lagi dengan prinsip Tim Cook yang dianggap tidak memperhatikan perkembangan desain produk dan jajaran direksi yang tidak berpengalaman di bisnis Apple, Jony Ive akhirnya memilih untuk hengkang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipromosikan Jadi Chief Design Officer

Sebenarnya, Ive sudah dipromosikan menjadi Chief Design Officer sesaat setelah peluncuran Apple Watch. Tapi sebagaimana dilaporkan WSJ, Ive hanya datang beberapa hari dalam sepekan.

Rapat-rapat terkadang dipindahkan ke San Fransisco, tempat di mana dia tinggal, bahkan ke hotel, rumah karyawan hingga venue lain.

"Kekompakan tim Ive sangat erat," sebagaimana dilaporkan WSJ.

Kontribusi Ive terhadap Apple tentu tidak bisa dihitung, karena Ive menjadi aktor utama saat Apple berdiri, bersama Jobs. Produk andalannya termasuk iPhone, iPad, MacBook Air, Apple Watch hingga markas baru Apple di Cupertino.

Sekarang, Ive fokus pada firma desainnya, LoveForm, yang juga bakal bekerja sama dengan Apple.

Mungkin itu bakal jadi hal terbaik buat Ive karena dirinya bisa bebas mengurusi apa yang dia inginkan tanpa harus berurusan dengan politik internal Apple.

(Tik/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.