Sukses

Asteroid Ini Bisa Bikin Setiap Penduduk Bumi Jadi Miliarder

Asteroid ini terbuat dari emas dan logam lainnya, seperti iron dan nickel. Berapa nilainya?

Liputan6.com, Jakarta - Kamu bercita-cita jadi miliarder? Mungkin nasehat yang sering kamu terima adalah berusaha keras dan pantang menyerah.

Hal itu ternyata benar adanya, karena kalau kamu berusaha keras bertandang ke asteroid satu ini, kamu bisa saja jadi miliarder bernilai miliaran dolar.

Dikutip dari Big Think, Selasa (2/7/2019), asteroid bernama 16 Psyche ini terbuat dari emas dan logam lainnya seperti iron dan nickel. Asteroid ini berada di sekitar planet Mars dan Jupiter serta diestimasikan bernilai USD 700 quintillion.

Supaya kamu bisa membayangkan, satu quintillion terdiri dari 18 nol, satu quadrillion terdiri dari 15 nol, dan 1 triliun terdiri dari 12 nol. Tentu nilai yang sangat fantastis dari satu bongkah asteroid.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rp 1.312 Miliar Untuk Satu Orang

Nah, dengan jumlah sebanyak itu, diperkirakan satu orang bisa mendapatkan USD 93 miliar alias Rp 1.312 miliar!

Professor Zarnecki dari Royal Astronomical Society memperkirakan, manusia harus menunggu 50 tahun lagi untuk bisa menambang asteroid ini. Sebagai permulaan, NASA berencana melakukan Discovery Mission pada 2026, dimulai berangkat dari Bumi pada 2022.

Sebenarnya, asteroid ini sudah ditemukan sejak tahun 1852 oleh ahli astronomi, Annibale de Gasparis. Asteroid ini dinamai berdasarkan karakter mitologi Yunani, Psyche.

Namun, ada pihak yang masih skeptis dengan penemuan ini. Peter Schiff dari Euro Pacifi Capital menyatakan dalam akun Twitter-nya kalau asteroid itu hanya mengandung sedikit logam mulia.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Prospeknya?

Hal ini juga harus dipikirkan matang-matang. Meskipun prospeknya sangat menjanjikan, pada kenyataannya, menambang asteroid sebesar itu butuh usaha yang sangat keras.

Sebagai informasi, 16 Psyche memiliki diameter lebih dari 200 km. Asteroid yang ukurannya lebih kecil saja masih sulit untuk dibawa.

Masalah lainnya, uang sebanyak itu tentu saja bakal menghancurkan ekonomi dunia yang 'hanya' berada di angka USD 75,5 triliun.

Kalau semua orang sudah jadi kaya raya, siapa yang akan bekerja menyediakan beragam kebutuhan manusia? Tentu, uang dan logam tidak akan ada artinya lagi nanti.

4 dari 4 halaman

Ditemukan Sejak 1852

Sebenarnya, asteroid ini sudah ditemukan sejak tahun 1852 oleh ahli astronomi, Annibale de Gasparis. Asteroid ini dinamai berdasarkan karakter mitologi Yunani, Psyche.

Selain 16 Psyche, sebenarnya ada lagi asteroid yang prospektif kalau manusia Bumi mau menambangnya. Misalnya, asteroid 2011 UW158 yang bernilai USD 5,7 triliun.

Sementara, saat ini proyeksi ekonomi ruang angkasa global menurut Morgan Stanley sudah mencapai USD 350 miliar, dan nantinya akan tumbuh hingga triliunan hingga tahun 2040 nanti. Hingga saat ini, perusahaan penambangan luar angkasa asal AS, Tiongkok, Jepang hingga Luxemburg telah mendaftarkan diri.

(Tik/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.