Sukses

Apple Bikin iPhone Versi Spesial untuk Tiongkok?

Pengembangan iPhone versi spesial untuk Tiongkok ini bertujuan untuk mengambil alih konsumen pengguna perangkat Huawei, Vivo, dan Oppo.

Liputan6.com, Jakarta - Apple menjadi salah satu vendor smartphone yang memiliki paling banyak pengguna di Tiongkok, terutama di segmen premium. Namun, beberapa waktu terakhir, pembelian iPhone di Tiongkok mulai menurun.

Kini menurut laporan, Apple disebut-sebut tengah mengembangkan versi spesial iPhone untuk pasar Tiongkok.

Mengutip laman Gizmochina, Senin (1/7/2019), pengembangan iPhone versi spesial untuk Tiongkok ini bertujuan untuk mengambil alih konsumen pengguna perangkat Huawei, Vivo, dan Oppo.

Sekadar informasi, saat iPhone XS dirilis, perangkat ini hadir dengan layar yang besar, dukungan dual SIM, dan teknologi kamera yang lebih baik.

Namun, karena harganya yang cukup mahal, konsumen di Tiongkok agak enggan melakukan pembelian terhadap iPhone XS.

Kini, untuk menurunkan harga iPhone di pasar Tiongkok, Apple disebut-sebut tengah berencana untuk menghilangkan sejumlah fitur tambahan pada iPhone.

Misalnya, karena pengguna di Tiongkok tidak memakai fitur Face ID, Apple mungkin akan menghilangkan fitur Face ID untuk iPhone yang dijual di pasar tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanpa Pemindai Wajah

Alih-alih Face ID, Apple mungkin bakal menghadirkan fitur pemindai sidik jari alias Touch ID.

Sayangnya masih belum diketahui kapan perusahaan Amerika Serikat itu bakal merilis iPhone terbaru versi Tiongkok. Namun, jika memang Apple menghadirkan iPhone versi Tiongkok, hal ini akan sangat menarik.

Menurut laporan dari China Xintong Institute, rata-rata harga smartphone di Tiongkok meningkat 16,8 persen pada 2018.

Pada sisi lain, segmen smartphone dengan harga di atas 4.000 Yuan atau sekitar Rp 8,2 jutaan meningkat 13 persen.

Dari jumlah tersebut, merek smartphone Tiongkok menyumbang lebih dari 30 persen.

3 dari 3 halaman

Ambil Alih Pasar Tiongkok

Kini, tampak nyata bawha Apple mengambil kesempatan guna mendapatkan pasar Tiongkok, salah satunya dengan menghadirkan iPhone edisi Tiongkok.

Namun, kesuksesan ini tentu bergantung dari konsumen, apakah konsumen Tiongkok mau mengeluarkan lebih banyak uang untuk iPhone yang tak menghadirkan fitur premium?

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.