Sukses

Teknologi Big Data Bantu Pahami Karakter Belajar Siswa

Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan (edutech) memungkinkan bagi guru, sekolah, dan orangtua untuk mengenali karakter siswa secara lebih mendalam.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan teknologi dinilai jadi hal penting dalam memahami perkembangan karakter siswa. Hal ini diungkapkan oleh pemerhati pendidikan Indonesia sekaligus Country Manager Extramarks Indonesia Fernando Uffie.

Extramarks merupakan platform belajar secara digital yang kini sudah bisa dimanfaatkan pengguna di Indonesia. Mengutip keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (28/6/2019), teknologi bisa memudahkan proses profiling dan pemahaman karakter belajar siswa.

Dengan memahami karakter belajar siswa, materi pelajaran pun bisa lebih mudah diserap dan dipahami.

Uffie mengatakan, penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan (edutech) memungkinkan bagi guru, sekolah, dan orangtua untuk mengenali karakter siswa secara lebih mendalam.

Tidak hanya membantu mengenali karakter siswa, teknologi juga dapat membantu peran pengajar dan guru untuk memberikan materi pembelajaran yang lebih mudah diserap dan dipahami siswa.

"Teknologi memungkinkan orangtua untuk memantau progress belajar anaknya secara realtime. Teknologi juga memberikan kemudahan kepada guru dan tenaga pengajar lainnya untuk menyajikan materi dengan beberapa metode penyampaian," kata Uffie.

Metode penyampaian pelajaran yang dimaksud antara lain adalah dalam bentuk audio, video, atau animasi. Terlebih, kini ada teknologi big data analytics yang bisa digunakan sampai pada tahap memprediksi tingkat keberhasilan siswa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Solusi Belajar Digital

Uffie mengatakan, PR utama dunia pendidikan Indonesia adalah bagaimana memperkuat peran stake holder pendidikan dalam menyajikan kurikulum yang berlaku. Dengan begitu, siswa bisa lebih mudah menyerap materi dalam kurikulum tersebut.

Extramarks sendiri hadir di Indonesia untuk memberikan solusi belajar digital sesuai kurikulum, menggunakan pendekatan Learn dan Practice and Test dengan metode penyampaian yang disesuaikan berdasarkan ragam karakter siswa, apakah itu audio, visual, ataupun kinestetik.

Extramarks juga menghadirkan fasilitas monitoring progress belajar siswa dengan mengaplikasikan teknologi big data.

 

3 dari 3 halaman

Aktivitas Belajar Siswa Tercatat

Dengan Extramarks, setiap aktivitas siswa saat belajar akan tercatat.

"Sehingga akan lebih mudah bagi guru dan orangtua untuk melakukan monitoring, baik untuk melihat perkembangan siswa dalam memahami mata pelajaran, sampai dengan merekam capaian siswa dalam memahami materi," kata Uffie.

Kemampuan tersebut membuat Extramarks berani memberikan garansi nilai naik atau uang kembali.

Sebagai informasi, Extramarks menghadirkan program Money Back Guarantee (MBG) yang juga dikenal dengan ‘Garansi Nilai Naik Atau Uang Kembali’ pada platformnya.

Program ini memberikan jaminan berupa kenaikan nilai bagi siswa yang berlangganan paket Kelas Pintar selama periode tertentu.

Jika nilai siswa tidak naik, Extramarks akan mengembalikan biaya berlangganan sepenuhnya. Program MBG ini dapat diikuti siswa selama satu semester atau selama satu tahun penuh (Full Year).

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.