Robot Bebek Bantu Petani Usir Hama di Sawah

Oleh Liputan6.com pada 25 Jun 2019, 13:30 WIB
Robot bebek

Liputan6.com, Jakarta - Bagi petani, menjaga tanaman padi tetap baik dan tidak dimakan oleh serangga adalah hal yang harus dilakukan agar masa panen berjalan dengan lancar.

Salah satu hal yang dilakukan oleh para petani adalah dengan membuat orang-orangan sawah agar hama seperti burung takut dan pergi.

Tidak hanya itu, seperti yang dilansir Tekno Liputan6.com melalui Engadget, Senin (24/6/2019), bebek bisa digunakan untuk menjaga padi-padi yang ingin dipanen.

Bebek tersebut menghancurkan gulma, memakan serangga, dan menyuburkan tanaman tanpa menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

Saat ini, teknisi Nissan memiliki alternatif untuk membantu para petani menjaga padi-padinya. Nissan sedang menguji robot bebek (Roboducks) yang dibiarkan berkeliaran di sawah.

Hal ini dilakukan untuk mengeruhkan air sehingga mencegah gulma mendapatkan sinar matahari agar tidak dapat tumbuh di sawah.

 

2 of 2

Proyek Pribadi

Robot bebek. Dok: engadget.com
Robot bebek. Dok: engadget.com

Ini merupakan proyek pribadi yang diwujudkan dengan fitur GPS, koneksi WiFi, dan tenaga surya untuk meminimalkan dampak lingkungannya.

Nissan sampai saat ini belum mengisyaratkan niat untuk memproduksi robot bebek itu secara massal. Untuk mendukung upaya teknisi, hanya masalah waktu sebelum robot bebek ini benar-benar digunakan.

Ketertarikan negara pada robot pekerja sebagian didorong oleh penurunan populasi dan kurangnya staf dalam perusahaan. Roboducks ini bisa mengurus pertanian padi besar tanpa memerlukan banyak pekerja.

(Linda Fahira Putri/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓