Ini Dia Hasil Jepretan Apik Lensa 64MP Milik Samsung

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 25 Jun 2019, 14:00 WIB
Hasil jepretan lensa 64MP

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Samsung mengumumkan sensor kamera untuk smartphone dengan resolusi 64MP.

Tentunya resolusi lensa tersebut jauh lebih besar ketimbang sensor 48MP milik Sony yang dipakai oleh banyak vendor smartphone Tiongkok saat ini.

Memang, lebih besar angka di depan MP tak berarti membuat gambar jadi lebih baik. Namun, dengan teknologi pixel-binning atau penggabungan berbagai informasi di tiap piksel menjadi satu dalam sebuah foto, hasil jepretan pun bisa lebih bagus.

Berikut adalah hasil jepretan smartphone Realme yang memiliki sensor 64MP dari Samsung.

Dengan banyaknya pixel-binning pada kamera 64MP, sebuah foto 16MP bisa sangat baik hasilnya. Seperti pada sensor 48MP yang menggabungkan hasil sensor 12MP seperti kualitas 48MP.

Mengutip informasi dari Phone Arena, Selasa (25/6/2019) smartphone pertama yang akan mengadopsi sensor 64MP ini adalah besutan Realme.

Realme merupakan vendor smartphone yang ada di bawah naungan perusahaan induk yang sama dengan OnePlus, Vivo, dan Oppo. Perusahaan induk yang dimaksud adalah BBK.

2 of 3

Di Perangkat Realme

Realme 3
Tampak belakang Reamle 3. (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)

Sebelumnya, seorang leakster teknologi terbaru Ice Universe menyebutkan, "peluncuran internasional sensor 64MP milik Samsung akan ada di perangkat misterius seri A. Sementara untuk smartphone domestik adalah model misterius Redmi."

Pernyataan ini secara teknis mungkin masih benar, pasalnya pasar utama Realme adalah India dan Tiongkok.

Sayangnya, belum diketahui kapan smartphone Realme dengan sensor kamera 64MP ini akan diluncurkan. CEO Realme sebelumnya menyebut, akan merilis perangkat terbaru pada kuartal keempat tahun ini.

Oleh karenanya, masih sangat mungkin bagi Xiaomi untuk menjadi merek pertama di Tiongkok yang akan merilis smartphone dengan kamera 64MP.

3 of 3

Sensor 64MP Milik Samsung

Samsung Galaxy S10e. Liputan6.com/Andina Librianty
Kamera belakang Samsung Galaxy S10e. Liputan6.com/Andina Librianty

Sejauh ini sensor kamera ISOCELL Bright GW1 merupakan sensor kamera 64GB yang menawarkan resolusi paling tinggi di smartphone.

Sensor ini hadir dengan teknologi penggabungan piksel Tetracell dan algoritma remosaic yang menawarkan gambar 16MP dalam lingkungan cahaya rendah, di mana empat piksel digabungkan menjadi satu untuk meningkatkan sensitivitas cahaya.

Teknologi ini juga mendukung HDR real-time hingga 100 desibel (dB) yang memberikan rona lebih kaya.

Sensor ini dilengkapi dengan Dual Conversion Gain yang mengubah cahaya diterima menjadi sinyal listrik.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap