Sukses

Realme Akan Rilis Smartphone dengan Kamera 64MP

Liputan6.com, Jakarta - Realme dilaporkan tengah bersiap merilis smartphone baru dalam waktu dekat. Menurut laporan, salah satu fitur yang ditonjolkan dari smartphone ini adalah kemampuan kamera yang dimiliknya.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (24/6/2019), smartphone ini akan memiliki kamera utama beresolusi 64MP. Realme menggunakan sensor GW1 dari Samsung dan siap diluncurkan dalam waktu dekat.

Smartphone ini akan menggunakan sensor tipe Tetracell, sehingga kamera perangkat ini pada dasarnya menghasilkan foto dengan resolusi 16MP.

CEO Realme India Madhav Sheth pun sempat mengunggah hasil foto kamera perangkat ini melalui Twitter. Dari unggahan itu terlihat watermark '64MP AI Quad Camera'. 

Sayang, tidak ada informasi mengenai jadwal rilis smartphone ini. Namun, Sheth menuturkan smartphone ini akan lebih dulu meluncur di India, sebelum diperkenalkan di negara lain.

Selain Realme, vendor lain yang disebut-sebut akan menggunakan sensor GW1 64MP adalah Xiaomi.

Seorang pembocor smartphone, Ice Universe, menyebut Xiaomi akan menggunakan sensor tersebut untuk perangkat Redmi.

Sebelumnya, Samsung turut berencana menyematkan sensor kamera 64MP tersebut pada smartphone seri Galaxy A. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi mengenai kehadiran smartphone dengan kamera 64MP ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Sensor Kamera 64MP

Sejauh ini sensor kamera ISOCELL Bright GW1 merupakan sensor kamera 64GB yang menawarkan resolusi paling tinggi di smartphone.

Sensor ini hadir dengan teknologi penggabungan piksel Tetracell dan algoritma remosaic yang menawarkan gambar 16MP dalam lingkungan cahaya rendah, di mana empat piksel digabungkan menjadi satu untuk meningkatkan sensitivitas cahaya.

Teknologi ini juga mendukung HDR real-time hingga 100 desibel (dB) yang memberikan rona lebih kaya.

Sensor ini dilengkapi dengan Dual Conversion Gain yang mengubah cahaya diterima menjadi sinyal listrik.

3 dari 3 halaman

Optimalisasi Sensor

Nah, teknologi memungkinkan optimalisasi sensor, memanfaatkan cahaya yang dikumpulkan lebih efisien terutama di lingkungan terang.

Kamera ini juga mendukung perekaman slow motion 480fps pada resolusi Full HD, high dynamic range, serta dukungan teknologi deteksi fokus berkinerja tinggi.

Dengan begitu, 64MP akan jadi kamera smartphone yang sensor paling tinggi di pasaran. Saat ini, sensor kamera paling tinggi yang dipakai smartphone adalah 48MP milik besutan Samsung dan Sony.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.