Sukses

Telegram Hadirkan Fitur Baru, Bisa Tambah Teman Berdasarkan Lokasi

Pembaruan tersebut memungkinkan Telegram untuk memiliki kontrol baru "Tambahkan ke Kontak" atau "Add to Contacts" di bagian atas ruang obrolan.

Liputan6.com, Jakarta - Meski tidak sepopuler WhatsApp, aplikasi chatting Telegram dilengkapi dengan fitur enkripsi keamanan serta tak memiliki batasan jumlah orang yang di-broadcast.

Tidak heran, kini mulai banyak pengguna yang memakai Telegram untuk berbincang-bincang. Terbaru, Telegram mengumumkan, meng-update pembaruan versi 5.8 Telegram.

Mengutip laman Phone Arena, Senin (24/6/2019), pembaruan tersebut memungkinkan Telegram untuk memiliki kontrol baru "Tambahkan ke Kontak" atau "Add to Contacts" di bagian atas ruang obrolan.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan nomor telepon ke daftar kontak Telegram.

Fitur baru Telegram (Foto: Phone Arena)

Opsi lain yang ada di bar kontrol ini di bagian atas ruang obrolan adalah kemampuan untuk memblokir nomor kontak yang telah mengirimi pesan. Dengan fitur ini, pengguna tak perlu lagi masuk ke profil sesorang untuk memblokir kontaknya.

Telegram juga menghadirkan kemampuan baru, yakni menambahkan kontak orang-orang yang ada di dekat pengguna. Caranya dengan masuk ke opsi Contact, kemudian pilih opsi Add People Nearby.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Add Teman di Lokasi Terdekat

Uniknya, pada opsi People Nearby, pengguna bisa menemukan lokasi berdasarkan obrolan grup, bahkan membuat grup baru berdasarkan lokasi.

"Pembaruan ini membuka kemungkinan baru, yakni komunikasi grup berdasarkan lokasi. Baik untuk obrolan konferensi, festival, stadium, kampus, hingga obrolan dengan orang-orang yang ada di kafe yang sama," kata Telegram.

Bukan hanya itu, versi terbaru aplikasi Telegram juga memungkinkan pengguna untuk memindahtangankan kepemilikan grup atau channel ke pengguna Telegram lainnya.

3 dari 3 halaman

Tema Baru

Mereka yang menggunakan Telegram pada perangkat iOS bisa membuka halaman Tampilan untuk melihat seperti apa tema baru sebelum mereka menerapkannya.

Setelah menginstal versi 5.8, pengguna iOS bisa memilih ikon mana yang mereka inginkan untuk tampilan Telegram.

Fitur baru Telegram (Foto: Phone Arena)

Pengguna Telegram dengan iPhone dan iPad dapat mengatur untuk membuka obrolan handsfree lewat pintasan Siri.

Pembaruan versi 5.8 bisa diunduh di Google Play Store untuk Android untuk App Store untuk iOS.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.