Begini Cara Membedakan Earphone Samsung Asli dan Palsu

Oleh Liputan6.com pada 24 Jun 2019, 07:00 WIB
Kiat Menggunakan Earphone agar Aman untuk Telinga

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal Samsung? kamu juga pasti tidak asing dengan nama brand tersebut, bukan? Ya, Samsung merupakan merek smartphone terkenal di Indonesia maupun di mancanegara.

Ketika membeli smartphone Samsung, biasanya sudah mendapatkan earphone di dalam paket pembeliannya. Namun, tak jarang banyak yang menjual earphone bermerek Samsung di pasaran, tetapi tidak asli.

Jika earphone yang kamu miliki hilang atau rusak dan terpaksa untuk membeli yang baru, maka kamu harus memperhatikan beberapa ciri earphone yang asli.

Berikut caranya sebagaimana dilansir laman resmi Samsung, Senin (24/6/2019).

1. Earphone Beli di Mana?

Kamu harus memastikan bahwa produk Samsung yang kamu beli tersebut langsung dari toko Samsung resmi. Jika kamu membeli langsung dari tokonya, kemungkinan besar earphone yang dimiliki oleh kamu itu asli.

Namun, kamu harus memeriksa terlebih dahulu apakah boks earphone tersebut dalam keadaan rusak atau tidak untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

 

2 of 5

2. Bahan yang Digunakan

Earphone
Bagaimana cara merawat earphone agar tak mudah rusak dan selalu awet?

Bahan earphone asli dan imitasi mempunyai perbedaan yang sangat mencolok. Earphone asli dari Samsung mempunyai bahan yang lunak, huruf 'L' (earphone sebelah kiri) mempunyai karakter besar dan tidak timbul seperti huruf 'R' ((earphone sebelah kiri) yang terukir.

Berbeda dengan yang asli, earphone imitasi memiliki ciri-ciri seperti injeksi yang mempunyai bahan keras.

 

3 of 5

3. Kondisi pencetakan (Logo AKG)

Jangan Sampai Earphone Anda Kotor, Begini Cara Membersihkannya
Agar tidak kotor terkena bakteri, rajin-rajinlah membersihkan earphone Anda. Begini caranya.

Kondisi pencetakan yang dimiliki oleh earphone Samsung yang asli dicetak secara jelas dan mempunyai ketebalan 'Deco' tipis.

Semenatra kondisi pencetakan imitasi dicetak secara buruk dan tidak jelas, serta ketebalan 'Deco' lebih tebal daripada earphone Samsung yang asli.

 

4 of 5

4. Sambungan jack dan panjang kabel berbeda

5 Barang Kecantikan yang Baiknya Tidak Dipinjamkan ke Orang Lain
Earphone. (Foto: unsplash.com)

Penampilan bagian sambungan jack earphone Samsung asli, bagian karet serta diameter bagian karetnya mempunyai ketebalan yang tidak terlalu tebal. Bukan hanya itu, panjang kabel earphone aslinya pun panjang.

Berbeda dengan earphone imitasi, yang memiliki jarak antara diameter di bagian karet lebih tebal dari yang asli. Untuk panjang kabel, tidak sepanjang earphone yang asli.

(Linda Fahira Putri/Isk)

5 of 5

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓