Sukses

Facebook Dituduh Curi Logo Bank

Facebook dituduh menjiplak logo perusahaan perbankan Current buat bikin logo Calibra.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook baru saja mengeluarkan mata uang digitalnya (cryptocurrency), Libra. Untuk memudahkan penyimpanan Libra, Facebook menciptakan Calibra sebagai dompetnya.

Namun belakangan, Facebook dituduh menjiplak logo perusahaan perbankan Current buat bikin logo Calibra.

Dilansir dari CNET, Jumat (21/6/2019), saat dilihat sekilas, logo Calibra memang mirip dengan logo Current, yang berupa lingkaran dengan tanda tak terhingga (~) di dalamnya, ditambah dengan teks brand produk di bawahnya.

Hanya warnanya saja yang agak berbeda. Logo Current memiliki warna gradasi biru keunguan, sedangkan logo Calibra hanya menggunakan warna biru dan ungu.

CEO Current, Stuart Sopp berkata kalau logo Calibra dikerjakan berbulan-bulan oleh perusahaan desain asal San Fransisco, Character.

"Ini adalah cara lucu menimbulkan kepercayaan di sistem finansial dunia, yaitu dengan menggunakan logo dari firma fintech lain. Kami menghabiskan waktu 6 bulan untuk mendapatkan logo ini, dan Facebook dengan mudah menirunya. Perusahaan sebesar itu harusnya bisa menyelesaikan hal ini dengan baik," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disindir di Twitter

Sikap keberatan atas penggunaan logo yang terlihat mirip itu juga ditunjukkan dalam cuitan akun Twitter Current. Akun Current seperti membuat meme untuk menyindir kalau logo Calibra mirip dengan logo Current.

Sementara, Libra sendiri sudah bekerja sama dengan Paypal, Visa, Uber, Coinbase, Lyft, Mastercard, Vodafone, eBay, Spotify, dan perusahaan ternama lainnya. Tahun 2020 mendatang, Facebook mengklaim Libra bakal punya 100 anggota di Libra Association.

Libra nantinya bisa digunakan untuk membeli produk secara online, mengirim uang secara internasional dan mengirim donasi.

(Tik/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.