Terus Perkuat 4G, Telkomsel Belum Ada Rencana Tutup 2G dan 3G

Oleh Agustinus Mario Damar pada 21 Jun 2019, 17:30 WIB
Telkomsel Resmi Luncurkan Layanan 4G LTE

Liputan6.com, Jakarta - Layanan 4G memang telah dapat dinikmati dalam beberapa tahun terakhir, tapiTelkomsel mengaku pihaknya masih terus berupaya menggenjot jumlah pengguna yang memakai teknologi seluler tersebut.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan mengedukasi pengguna untuk mulai beralih ke jaringan 4G yang memang menawarkan layanan lebih baik. Terlebih, Telkomsel mengaku pembangunan yang dilakukan kini sudah fokus ke 4G.

"Telkomsel sekarang gencar pembangunan untuk 4G semua, dari kota besar hingga kota kecil itu 4G semua. Kami terus mendorong orang menggunakan 4G dan menciptakan ekosistemnya," tutur Manager Media Relation Telkomsel Singue Kilatmaka di Jakarta, Kamis (20/6/2019), kemarin.

Kendati demikian, Singue menuturkan Telkomsel belum memiliki rencana untuk menutup dua jaringan lain yang masih ada saat ini, yakni 2G dan 3G. Sebab, pengguna kedua jaringan ini memang masih ada.

Namun jika menilik kemungkinan menutup jaringan, menurut Singue, Telkomsel akan memilih jaringan 3G. Dia menuturkan hal ini lebih dilakukan sebab secara industri lebih menguntungkan.

"4G ini begitu dimanfaatkan, kami bisa meninggalkan jaringan lain. Jadi, tidak perlu lagi 4G, karena sudah ada 4G, tidak perlu double layer, sudah enak, karena 4G itu bisa disinkronkan dengan frekuensi yang ada di 2G," tuturnya.

Meski tidak menyebut jumlah pasti pengguna 4G Telkomsel, Singue hanya menuturkan pengguna data di Telkomsel kini sudah mencapai 70 persen dari keseluruhan. Jumlah itu diprediksi juga akan terus bertambah. 

2 of 3

Pelanggan Telkomsel Ganti Kartu 4G Bisa Dapat Kuota 30GB

Kecepatan 4G LTE Telkomsel Bisa Capai 36 Mbps
Peluncuran Telkomsel 4G LTE (Liputan6.com/Andina Librianty)

Sebelumnya, Telkomsel memberikan kuota internet 4G hingga 30GB bagi pengguna yang berpindah ke kartu 4G.

Bonus ini diberikan kepada pelanggan Telkomsel agar mereka bisa memanfaatkan jaringan internet lebih cepat sehingga mampu meningkatkan produktivitas.

Untuk mendapatkan kuota internet 4G hingga 30Gb ini pelanggan bisa mendapatkannya dengan Rp 10.

Vice President Prepaid Marketing Telkomsel, Riny Novitriyanti mengatakan, Telkomsel terus melakukan akselerasi adopsi teknologi 4G LTE di seluruh lapisan masyarakat.

Hal ini sesuai dengan komitmen kami saat meluncurkan 4G pertama kalinya. "Kami telah memperluas layanan ini ke lebih 500 ibu kota/kabupaten," kata Riny.

3 of 3

Jaringan Selimuti 97 Persen Ibu Kota Kecamatan

BTS Telkomsel
BTS Telkomsel di desa-desa yang sulit sinyal (Sumber: Dok Telkomsel)

Telkomsel mengklaim, jaringannya telah menjangkau 97 persen ibu kota kecamatan. Sementara, 93 persen populasi di Indonesia telah terlayani 4G Telkomsel.

“Layanan 4G LTE Telkomsel memberikan pelanggan pengalaman mobile digital lifestyle, dimana pelanggan akan dapat merasakan layanan data yang lebih cepat dan stabil," ujar Riny.

Dengan begitu, pelanggan dapat men-download, upload, ataupun sharing berbagai jenis konten dalam file besar dengan lebih baik.

Telkomsel pun mengajak pelanggan yang belum berganti ke kartu 4G untuk bisa menukarkan kartu SIM mereka, terutama dengan adanya bonus kuota 30GB.

Untuk berganti kartu 4G, pengguna bisa menukarkanya di GraPari Telkomsel atau meminta lewat website, selanjutnya kartu 4G akan dikirim ke alamat pelanggan.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait