Huawei Pastikan P30 dan Mate 20 Pro Cicipi Android Q

Oleh Andina Librianty pada 21 Jun 2019, 11:00 WIB
Huawei HQ

Liputan6.com, Jakarta - Huawei memberikan kabar baik bagi para pengguna smartphone lini P30 dan Mate 20 Pro. Kendati terancam tak bisa menggunakan OS Android di masa depan, Huawei memastikan lini P30 dan Mate 20 Pro akan menerima Android Q.

Dilansir Phone Arena, Jumat (21/6/2019), Huawei menyampaikan komitmennya itu melalui laman Huawei Answers. Perusahaan juga merespons rumor tentang masa depan smartphone miliknya.

"Di Huawei, kami selalu mengutamakan konsumen, terlepas dari tantangan yang kami hadapi. Semua smartphone Huawei dan tablet akan terus menerima patch keamanan dan pembaruan Android. Semua orang yang sudah membeli, atau akan membeli smartphone Huawei, bisa terus mengakses dunia aplikasi, seperti yang biasa mereka lakukan," tulis Huawei.

"Semua perangkat akan terus mendapatkan garansi manufaktur, dan akan menerima dukungan layanan penuh yang sesuai. Perangkat paling populer kami saat ini termasuk seri P30, akan bisa mendapatkan akses Android Q. Kami juga telah meluncurkan program developer beta untuk Android Q, yang sedang berjalan di perangkat Mate 20 Pro kami," sambung perusahaan asal Tiongkok tersebut.

Seperti diketahui, pemblokiran oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) terhadap Huawei mengancam bisnis perusahaan.

Hal ini terutama karena Huawei tidak akan lagi bisa menggunakan produk-produk buatan AS, termasuk teknologi, OS Android serta berbagai aplikasi seperti Facebook dan Instagram.

2 of 3

Huawei Pangkas Pengapalan Smartphone Premium

Logo Huawei
Huawei (Foto: Huawei)

Pemblokiran oleh AS membuat Huawei mengubah banyak rencananya, termasuk untuk produk flagship. Menurut laporan, Huawei memangkas pengapalan smartphone flagship.

Huawei pada awal bulan ini dilaporkan mulai memangkas pesanan untuk lini P30, termasuk P30 Pro. Huawei P30 Pro merupakan handset paling premium perusahaan saat ini.

Tak hanya itu, Huawei juga dilaporkan mulai memangkas pesanan untuk seri Mate 30, yang dijadwalkan rilis pada Oktober tahun ini.

3 of 3

Varian Mate 30 Pro

Huawei Mate 20 Pro
Huawei Mate 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Seri terbaru itu juga akan hadir dengan varian Mate 30 Pro. Pemangkasan ini berarti, jumlah pengapalan awal yang direncanakan juga akan dikurangi.

Masalah pemblokiran membuat Huawei tidak bisa bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan AS. Masalah ini pun berdampak pada performa perusahaan.

Pihak Huawei memperkirakan pengapalan smartphone miliknya di pasar internasional akan turun 40 hingga 60 persen pada tahun ini. Pada 2018, perusahaan mengapalkan 206 juta unit ponsel, dengan setengahnya di luar Tiongkok.

(Din/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓