Sukses

Begini Cara Atasi Smartphone Android Lemot dalam 5 Menit

Berikut cara mengatasi smartphone Android lemot hanya dalam waktu 5 menit.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir setiap orang pasti memiliki smartphone Android. Banyak pertanyaan yang muncul bagaimana cara mengatasi smartphone yang lemot ketika sedang digunakan sehingga tidak bisa dipakai dengan baik.

Biasanya smartphone tidak bisa bekeja dengan baik karena beberapa faktor, seperti terlalu banyak menginstal aplikasi, memori internal, dan eksternal smartphone tersisa sedikit.

Ditambah aplikasi yang tidak digunakan masih aktif, banyak menggunakan widget animasi, aplikasi yang terlalu lama tidak di-update, dan terlalu banyak menggunakan akun email.

Jika saat ini kamu sedang mengalami hal tersebut, kamu bisa melakukan beberapa langkah ini agar smartphone kamu dapat berjalan dengan normal.

Nah, berikut cara mengatasi smartphone Android lemot hanya dalam waktu 5 menit.

1. Membersihkan Cache

Kata cache diambil dari kata crash. Secara istilah file cache adalah file sementara yang terdapat di memori internal smartphone Android. Cache akan mencatat aktivitas aplikasi Android yang telah kamu gunakan.

Walaupun data yang dihasilkan sedikit, namun jumlah aplikasi yang kamu gunakan banyak. Ternyata itu bisa membuat smartphone kamu lemot. Maka dari itu kamu harus membersihkan cache dengan cara seperti berikut:

Pertama, buka aplikasi pengaturan yang ada di smartphone Android kamu. Lalu klik menu aplikasi, di sana kamu bisa melihat semua aplikasi yang ada di dalam smartphonesmartphone.

Pilih menu penyimpanan dan hapus memori, lakukan pada semua aplikasi yang kamu miliki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Uninstall Bloatware

Tidak jarang banyak aplikasi bawaan dari smartphone Android yang kamu beli dan tidak terlalu dibutuhkan. Sebenarnya kamu bisa menghapus aplikasi bloatware ini dengan cara seperti berikut.

Cukup dengan membuka aplikasi pengaturan, klik menu aplikasi lalu pilih aplikasi yang ingin kamu hapus dengan mengklik uninstall atau disable.

 

3 dari 4 halaman

3. Menghapus Widget

Agar memudahkan pengguna menginstal aplikasi, smartphone Android pun menyediakan berbagai macam widget.

Widget adalah aplikasi versi mini yang bisa digunakan secara langsung. Biasanya widget ditaruh di home screen untuk memudahkan pengguna ketika ingin diakses.

Namun untuk mengoptimalkan Android yang dipakai, kamu bisa menghapusnya dengan cara pilih widget yang ingin dihapus. Kemudian tekan dan tahan untuk beberapa saat, lalu geser ke arah gambar tempat sampah.

 

4 dari 4 halaman

4. Optimalkan Google Chrome

Setiap Android pasti mempunyai Google Chrome untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi. Pernahkah kamu merasakan smartphone tidak berjalan dengan baik saat sedang browsing sesuatu?

Maka dari itu, mengoptimalkan Google Chrome merupakan cara terbaik untuk dapat mengembalikan performa Android. Tidak hanya itu, kamu bisa mengaksesnya dengan menghemat kuota internet.

Caranya pergi ke aplikasi Google Chrome, klik tiga titik yang berada dipojok kanan atas lalu pilih menu pengaturan. Klik Advanced dan pilih Data Saver, lalu aktifkan untuk menghemat pemakaian data.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Linda Fahira Putri/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.