Sukses

Canggih, Mobil Kijang Jadul Diubah Jadi Kendaraan Listrik

Siapa yang menyangka kalau mobil kijang jadul ini dapat diubah menjadi sebuah mobil listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang menyangka kalau mobil kijang jadul ini dapat diubah menjadi sebuah mobil listrik? LIPI berhasil menciptakan sebuah penemuan baru yang diberi nama Konversi Kijang Lisrik.

Mobil Kijang Super tahun 1990-an yang menggunakan BBM sebagai bahan bakarnya ini, dijadikan penelitian oleh para peneliti di LIPI.

Menurut informasi yang dikutip dari situs web LIPI, Selasa (18/6/2019), mobil ini diubah menjadi mobil listrik dan berpotensi menggantikan mesin penggerak kendaraan yang menggunakan BBM disektor transportasi darat.

Spesifikasi mobil Kijang ini berbeda dengan spesifikasi dari bawaan mobil sebelumnya. Terdapat perubahan-perubahan agar mobil ini berhasil menjadi mobil listrik.

Perubahan tersebut di antaranya tegangan yang digunakan sebesar 96 volt dan mempunyai tiga fase induksi motor.

Tenaga yang dihasilkan lebih besar yaitu 52 PS, di mana maksimal kecepatannya 6500 rpm dengan torsi 156 nm dan kontrol sebesar 96 volt/550 ampere.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jarak Tempuh

Mobil ini memerlukan charger atau sistem pengisian dengan menggunakan tegangan 96 volt/25 ampere dengan kemampuan 120 km/jam dan untuk jarak tempuh sekali pengisian baterai yaitu sebesar 75 km.

Bukan hanya spesifikasinya yang diubah, mobil lisrik ini mempunyai keunggulan yang memberikan dampak positif bagi lingkungan serta penggunaanya.

Beberapa di antaranya ramah lingkungan dan efisiensi penggunaan energi dua kali lebih efisien dibandingkan dengan kendaraan berbasis motor baker (mesin konvensional), serta menurunkan biaya perawatan dan operasional.

(Linda Fahira Putri/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.