Huawei Mate X Terdaftar di Badan Sertifikasi Tiongkok, Siap Rilis?

Oleh Agustinus Mario Damar pada 15 Jun 2019, 15:00 WIB
Huawei Mate X

Liputan6.com, Jakarta - Informasi seputar smartphone layar lipat besutan Huawei Mate X lambat laun mulai terkuak. Salah satunya diketahui dari laman badan sertifikasi Tiongkok beberapa waktu lalu.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (15/6/2016), dengan sertifikasi ini, Mate X kemungkinan besar siap diperkenalkan di pasar dalam waktu dekat.

Prediksi menyebut Mate X akan diperkenalkan bersamaan dengan Mate 20 X 5G. Sebelumnya, Mate 20 X 5G memang sudah terungkap kehadirannya setelah namanya muncul di badan sertifikasi Tiongkok.

Mate X akan memiliki power adapter berbeda dari perangkat Huawei lain, seperti Mate 20 Pro dan P30 Pro yang memiliki keluaran 40W. Sementara perangkat ini disebut akan menggunakan adapter keluaran 65W.

Sayang, tidak banyak informasi yang dapat diungkap dari Mate X dari laman sertifikasi tersebut. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari Huawei mengenai perangkat ini.

Sebelumnya, Huawei memang sempat mengumumkan Mate X akan tersedia pada pertengahan 2019. Informasi itu diumumkan oleh perusahaan melalui toko online-nya.

Sejauh ini harga resmi smartphone layar lipat Mate X memang belum diumumkan. Namun saat peluncuran, Huawei membanderolnya dengan harga mulai USD 2.580 atau setara Rp 36,4 jutaan.

2 of 3

Desain dan Layar

Huawei Mate X
Huawei Mate X (Foto: CNET)

Sekadar informasi, smartphone ini hadir dengan desain bernama Falcon Wing Desaign.

Tak seperti Galaxy Fold, lipatan layarnya benar-benar datar tanpa ada gap yang terlihat.

Huawei menyebut, sistem engsel yang dipakai dalam smartphone ini telah dipatenkan dan memiliki lebih dari 100 komponen.

Huawei Mate X hadir dengan layar 8 inci dalam bentuk tablet. Perangkat ini memiliki resolusi 2.480x2.200 piksel dan aspek rasio 8:7.1.

Begitu layarnya dilipat, tablet tersebut berubah menjadi sebuah smartphone dengan dua layar.

Salah satu layarnya 6,6 inci (2.480x1.148 piksel) dengan aspek rasio 19,5:9. Layar lainnya berukuran 6,38 inci (2.480x892 piksel) dengan aspek rasio 25:9.

3 of 3

Spesifikasi

Huawei Mate X
Tampak depan smartphone layar lipat Huawei Mate X. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Smartphone ini dibekali dengan prosesor Kirin 980 milik Huawei dan dilengkapi dengan RAM 8GB serta penyimpanan 512GB.

Selain chipset Kirin 980, Mate X juga memiliki prosesor kedua yakni Balong 5000 dengan proses fabrikasi 7nm yang mendukung koneksi 5G di perangkat.

Perangkat ini didukung slot kartu SIM ganda (hanya tipe nano), tapi hanya satu yang mendukung jaringan 5G.

Mate X dibekali dengan tiga kamera di bodi belakangnya serta dua kamera selfie. Kameranya merupakan hasil kerja sama dengan Leica dengan lensa 40MP wide-angle, lensa 16MP ultra-wide, dan 8MP telephoto.

Huawei Mate X berjalan di atas antarmuka EMUI 9.1.1 yang berbasis Android 9 Pie.

Bicara konektivitas, perangkat ini didukung NFC, dual frequency GPS, Bluetooth 5.0, WiFi 802.11b/g/n/ac, dan port USB type C.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by