Sukses

Instagram Benarkan Layanannya Tak Bisa Diakses Sebagian Pengguna

Instagram membenarkan layanannya tumbang dan tidak dapat diakses oleh sebagian penggunanya di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram membenarkan layanannya tumbang dan tidak dapat diakses oleh sebagian penggunanya di seluruh dunia.

Pernyataan Instagram ini diungkapkan lewat akun Twitter resminya @instagram, sekitar pukul 6 pagi, Jumat (14/6/2019).

"Kami sadar sejumlah orang tengah memiliki masalah dalam mengakses akun Instagram mereka," kata Instagram dengan tagar Instagram Down.

Pihak Instagram kemudian berjanji untuk bekerja dengan cepat guna memperbaiki masalah tersebut.

Penjelasan dari Instagram tersebut menyusul ramainya keluhan dengan tagar Instagram Down yang ramai dicuitkan warganet dunia di Twitter menggunakan #instagramdown.

Meski terjadi di seluruh dunia, berdasarkan keterangan dari sejumlah warganet di Indonesia, akun Instagram mereka masih bisa diakses.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tumbang Bukan Karena Dibatasi Kemkominfo

Kami (Tekno Liputan6.com) mendapatkan laporan dari salah satu pengguna Instagram di Indonesia yang akun Instagram-nya sempat tidak bisa diakses pagi tadi, sekitar pukul 04.00 WIB.

Ia sempat menduga tidak bisa diaksesnya Instagram karena Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kembali melakukan pembatasan terhadap media sosial, bertepatan dengan sidang Mahkamah Konstitusi mengenai sengketa Pemilu 2019.

Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu, menyebut, "Kami berharap tidak akan melakukan pembatasan atau pelambatan akses media sosial selama sidang MK."

Ia menambahkan, langkah pelambatan atau pembatasan akses media sosial hanya dilakukan jika terjadi peningkatan ekskalasi hoaks dan hasutan di media sosial.

"Dan sejauh pemantauan Kemkominfo pagi ini, belum ada peningkatan ekskalasi hoaks dan hasutan," tutur Nando.

3 dari 3 halaman

Instagram Down Dikeluhkan Warganet

Tagar Instagram Down (#instagramdown) ramai diperbincangkan warganet di Twitter, Jumat (14/6/2019). Ttagar tersebut memuncaki trending topic lini masa Twitter.

Keluhan tentang Instagram down tersebut datang dari warganet di berbagai belahan dunia.

Meski begitu, menurut sejumlah cuitan di Twitter, warganet di Indonesia menyebut akun Instagram mereka masih bisa dipakai secara normal. Demikian juga saat kami mencoba mengakses Instagram, masih bisa digunakan seperti biasanya. 

Ketika kami melakukan pemantauan di situs pendeteksi situs down, Down Detector, keluhan pengguna mengenai tumbangnya Instagram memang meningkat sejak dua jam terakhir.

Pantauan di peta live outage Down Detector menunjukkan sejumlah negara yang terdampak tumbangnya Instagram. Misalnya saja Amerika Serikat, Jepang, sebagian Eropa, dan sebagian Asia.

Pada live outage map, Indonesia memang minim terkena dampak Instagram tumbang karena maps menunjukkan warna peta tidak berubah menjadi merah atau kuning. 

 

Peta Instagram down di Down Detector (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.