Sukses

Berbagi Momen Lebaran di Instagram Kini Makin Hemat Kuota

Instagram baru saja meluncurkan modus penghemat data yang memungkinkan pengguna mengatur konsumsi kuota internetnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Instagram turut memperkenalkan fitur anyar untuk pengguna perangkat Android. Kali ini, Instagram meluncurkan modus penghemat data.

Sesuai namanya, dengan modus ini, pengguna dapat menjelajah dan berbagi momen Lebaran di Instagram dengan kuota internet yang tidak terlalu besar.

Instagram sendiri merilis fitur ini untuk negara berkembang dengan akses internet terbatas, termasuk Indonesia.

Untuk informasi, data Speedtest Global Index Ookla April 2019 menunjukkan Indonesia ada di urutan 123 dari 138 negara yang masuk dalam survei rata-rata kecepatan internet seluler.

Adapun kecepatan internet seluler di Indonesia sekitar 10,44Mbps, sedangkan rata-rata di dunia mencapai 29,96Mbps.

"Melalu fitur ini, Instagram berharap dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna terhubung dengan orang-orang maupun hal yang mereka cintai selama Hari Raya Idul Fitri," tulis Instagram yang dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (5/6/2019).

Dengan mengaktifkan modus ini, Instagram tidak akan secara otomatis menampilkan pratinjau video maupun foto dengan resolusi tinggi.

Pengguna diberi kebebasan untuk mengendalikan pemakaian kuota internet untuk mempercepat proses muat foto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengkatifkan Modus Penghemat Data

Untuk mengaktifkan modus ini, pengguna tinggal membuka menu 'Setting', pilih 'Account', dan 'Cellular Data Use'.

Setelah itu, pengguna tinggal memilih untuk mengaktifkannya. Ada tiga opsi yang tersedia untuk pengaturan modus ini, yaitu :

1. Never: Instagram tidak pernah menampilkan media beresolusi tinggi.

2. Wi-Fi Only: Instagram hanya akan menampilkan media beresolusi tinggi saat terhubung dengan Wi-Fi.

3. Cellular + Wi-Fi: Instagram akan menampilkan media beresolusi tinggi ketika perangkat terhubung ke data seluler dan Wi-Fi.

Perlu diketahui, modus ini sudah diluncurkan secara bertahap mulai 5 Juni 2019. Instagram menuturkan modus ini akan tersedia untuk seluruh perangkat Android secara global.

3 dari 3 halaman

Instagram Permak Fitur Explore, Kini Tampilkan Stories dan IGTV

Sebelumnya, Instagram baru saja memermak aplikasinya. Kali ini, aplikasi milik Facebook tersebut mengubah tampilan dari tab Explore.

Dikutip dari Engadget, Sabtu (18/5/2019), salah satu perubahan yang terlihat ada di navigation bar. Kini, pengguna dapat mengakses lebih cepat sejumlah tab dan fitur yang ada di Explore.

Hal baru yang dapat dilihat adalah kehadiran tab IGTV dan Shop. Dua tab anyar itu menambah jajaran tab sebelumnya yang dibagi berdasarkan kategori unggahan.

Tidak hanya itu, Instagram juga akan menambahkan unggahan di Stories untuk masuk dalam tab Explore. Namun, fitur ini baru akan tersedia dalam beberapa minggu ke depan.

"Hari ini, kami mengumumkan desain baru di Explore, menghadirkan cara baru untuk kamu menemukan foto, video, produk, dan Stories yang relevan dengan ketertarikanmu," tulis Instagram dalam pernyataannya.

Menurut Instagram, perubahan ini merupakan langkah penting bagi fitur Explore. Sebab, fitur ini sudah digunakan lebih dari 50 persen akun Instagram setiap bulan.

Kehadiran Stories di Explore tidak lepas dari pamor layanan tersebut. Untuk diketahui, Stories sudah digunakan lebih dari 500 juta orang di Instagram, sehingga wajar layanan itu terus didorong penggunaannya.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.