Sukses

Hari Lahir Pancasila, Warganet Ramai-Ramai Ingin Jaga Persatuan Bangsa

Tagar yang berkaitan dengan Hari Lahir Pancasila pun memuncaki trending topic di lini masa Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya, bangsa Indonesia memperingati 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Tak hanya diperingati di dunia, momen ini juga diperingati oleh warganet di dunia maya, khususnya Twitter.

Alhasil, tagar yang berkaitan dengan Hari Lahir Pancasila pun memuncaki trending topic di lini masa Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Sabtu (1/6/2019), tagar #HariLahirPancasila, #BulanPancasila2019, #KitaIndonesiaKitaPancasila, dan #HariPancasila memuncaki trending topic di lini masa Twitter Indonesia.

Jumlah cuitan terkait hari lahir Pancasila pun terus meningkat lantaran semakin banyak warganet yang mengicaukannya.

Berikut cuitan-cuitan netizen terkait hari lahir Pancasila:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagai Ras, Suku, dan Agama menjadi Satu

Patung Garuda Pancasila Terbesar di Indonesia berada di Monumen Pancasila Sakti (Liputan6.com/Balgoraszky Arsitide Marbun)

3 dari 3 halaman

Jokowi Pimpin Upacara Hari Kelahiran Pancasila

Presiden Jokowi berpidato saat upacara Hari Lahir Pancasila di Gedung Pancasila, Jakarta, Kamis (1/6). Dalam pidatonya presiden Jokowi mengajak seluruh elemen untuk tidak pernah berhenti mengamalkan nilai-nilai Pancasila. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6/2019). Sejumlah tokoh, pejabat negara, hingga pemuka agama hadir dalam kesempatan ini.

Berdasarkan pantauan, upacara dimulai pukul 07.55 WIB. Jokowi yang bertindak sebagai inspektur upacara masuk ke tempat upacara dengan mengenakan baju beskap khas Jawa Tengah.

Upacara yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya itu berlangsung secara khidmat. Kemudian, megheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang dipimpin Jokowi.

Rangkaian upacara lalu dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan, pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo. Sementara, pembacaan doa dilakukan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Upacara selesai sekitar pukul 08.20 WIB.

Hadir dalam kesempatan ini, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wapres ke-6 RI Try Sutrisno, Wapres ke-11 RI Boediono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menpan RB Syafruddin, Menteri PUPR Basuki Harimuldjono, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

Sebagai informasi, tahun ini merupakan tahun ketiga Jokowi memimpin upacara Hari Kelahiran Pancasila. Jokowi menekan Keppres untuk menetapkan Hari Kelahiran Pancasila sebagau hari libur nasional.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini