Sukses

Sinyal Lemah Saat Mudik? Jangan Khawatir, Atasi dengan Cara Ini

Simak tips agar sinyal ponsel kamu semakin kuat dalam perjalanan menuju kampung halaman.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak hal yang dapat kita lakukan saat dalam perjalanan kembali ke kampung halaman, salah satunya bermain smartphone.

Biasanya, kita bakal membuka aplikasi yang terhubung ke internet, seperti media sosial, streaming video hingga main gim online.

Tapi, apa jadinya jika dalam perjalanan sinyal dari provider justru lemah? Untuk mengatasinya, Tekno Liputan6.com punya beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Mengunci Jaringan Internet

Kamu bisa mengunci jaringan internet agar sinyal smartphone kuat, setidaknya untuk chatting.

Caranya, pilih pengaturan, klik Jaringan Seluler dan pilih jaringan yang akan kamu utamakan, baik 2G, 3G maupun 4G. Nantinya jika ada jaringan tersebut di sekitar kamu, provider internetmu akan didahulukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Hidup-Matikan Mode Pesawat

Untuk bisa mendapatkan sinyal yang bagus saat mudik, kamu bisa menghidupkan dan mematikan mode pesawat yang ada pada smartphone. Dengan melakukan hal tersebut, secara otomatis perangkat akan memutus dan mengatur kembali jaringan selular.

3. Buka Jendela Kendaraan

Jika kamu berkendara dengan mobil pribadi, kamu bisa membuka jendela kendaraan untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik. Membuka jendela tentu akan cukup membantu karena tidak ada penghalau provider dalam mencari jaringan.

4. Ganti Provider

Apabila kondisi sinyal masih sama saja, kamu mungkin harus mengganti provider untuk sementara waktu demi kelancaran berkomunikasi. Ganti dengan provider yang punya jangkauan sinyal luas.

(Tik/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini