Sukses

Informasi Seputar Google Stadia Bakal Terungkap di E3?

Google angkat bicara, informasi mengenai Stadia akan diumumkan pada pertengahan tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Maret 2019, Google mengungkap salah satu platform gim baru yang diberi nama Stadia. Platform gaming berbasis cloud ini menawarkan akses streaming gim yang dapat diakses dari beragam perangkat.

Sayang, saat itu Google belum mengungkap informasi detil terkait platform tersebut. Namun, melalui kicauan terbaru, informasi mengenai platform gaming ini terungkap sedikit demi sedikit.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (28/5/2019), akun Twitter resmi Google Stadia mengumumkan tiga informasi penting terkait platform ini akan diungkap pada pertengahan 2019.

"Musim panas ini, tiga hal yang kamu ingin ketahui akan diberikan: harga, pengumuman gim, dan informasi peluncuran," tulis Google melalui akun Twitter @GoogleStadia.

Kendati demikian, informasi tersebut masih menyisakan pertanyaan mengenai kapan pengumuman ini akan digelar.

Menilik waktu yang diberikan Google dalam kicauan tersebut, banyak yang menduga informasi soal Stadia ini akan dilakukan pada ajang E3.

Sekadar informasi, ajang E3 2019 akan diadakan pada 12 hingga 14 Juni 2019. Meski belum pasti, Google menyebut informasi mengenai Stadia akan diinformasikan dalam waktu dekat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Google Ungkap Stadia, Layanan Streaming Gim Berbasis Cloud

Setelah beberapa bocoran informasi beredar di internet, Googleakhirnya resmi mengungkap layanan streaming gim berbasis cloud miliknya, yakni Stadia.

Diumumkan pada acara Game Developers Conference di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (19/3/2019), pukul 10.00 waktu setempat, Google menjelaskan dan memperlihatkan cara kerja Stadia.

Sebagaimana dilansir The Verge, Sundar Pichai, CEO Google menjelaskan layanan streaming gim berbasis cloud ini dapat memainkan beragam judul gim di perangkat apapun.

Berbeda dengan PS4 dan Xbox One yang memiliki keterbatasasn harus bermain gim menggunakan konsol, Stadia mengandalkan infrastruktur cloud Google dan gamer dapat streaming main gim di PC (browser Chrome), smartphone, tablet, hingga TV (Chromecast).

Perusahaan raksasa mesin pencari tersebut menyatakan, layanan cloud streaming gim itu akan diluncurkan di Amerika Serikat, Inggris, Eropa dan Kanada pada akhir tahun ini.

Google sendiri hingga saat ini masih belum mengungkap berapa uang yang harus dikeluarkan gamer untuk menikmati layanan Stadia.

3 dari 3 halaman

Main Gim Resolusi 4K di Stadia

Lebih lanjut, dalam acara yang sama Google juga menjelaskan, Stadia memiliki kemampuan streaming gim dalam resolusi 4K dengan HDR pada 60fps (frame per second).

Tak hanya itu, Google mengklaim bakal mendukung kemampuan bermain gim resolusi 8K (120fps) di masa mendatang.

Pada presentasinya di acara GDC 2019, Google mendemonstrasikan bagaimana Stadia digunakan bermain gim Doom Eternal dan Assassin's Creed Odyssey via streaming.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.