Sukses

3 Aplikasi Kece Untuk yang LDR Saat Lebaran

Kehadiran berbagai aplikasi pesan singkat, membuat komunikasi jarak jauh menjadi lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran berbagai aplikasi pesan singkat, membuat komunikasi jarak jauh menjadi lebih mudah. Seiring perkembangannya, aplikasi tersebut tidak hanya untuk sekadar berkirim pesan, tapi juga melakukan panggilan video.

Nah, fitur panggilan video atau video call ini membuat komunikasi dengan pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh (LDR), keluarga, dan teman, semakin mudah. Fitur ini pun sangat bermanfaat di berbagai momen termasuk saat Lebaran.

Banyak aplikasi pesan singkat sudah memiliki kemampuan panggilan video ini. Untuk lebih mudahnya, berikut 3 aplikasi untuk membuat Lebaran semakin bermakna dengan orang-orang terdekat, meski jarak memisahkan:

1. WhatsApp

Video call pada WhatsApp (Foto:Ist)

WhatsApp merupakan aplikasi pesan singkat populer saat ini. Salah satu fitur unggulannya adalah pengguna bisa melakukan panggilan video.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Cara melakukan panggilan video, sama seperti ketika pengguna menelepon menggunakan WhatsApp.

Caranya, cukup buka kontak penggguna lain yang akan dihubungi pada WhatsApp. Setelahnya di bagian atas kolom chat, terdapat ikon video untuk melakukan panggilan. Panggilan video bisa dilakukan empat orang sekaligus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Line dan Instagram

2. Line

Video call pada Line (Foto: Is)

Line juga salah satu aplikasi pesan singkat yang sedang populer. Aplikasi ini banyak digunakan oleh anak-anak muda dengan keunggulan fitur stiker dan filternya yang menggemaskannya.

Cara panggilan video pada Line pun serupa dengan WhatsApp. Bedanya, Line lebih interaktif, karena pengguna bisa menggunakan berbagai filter lucu ketika melakukan panggilan video.

Ketika melakukan panggilan video, pengguna akan melihat opsi filter di bagian bawah tampilan layar. Lalu, pengguna bisa memilih filter wajah yang diinginkan.

3. Instagram

Video call pada Instagram (Foto: Ist)

Tak mau ketinggalan, Instagram beberapa waktu lalu juga merilis fitur panggilan video.

Untuk menggunakannya, pengguna cukup membuka fitur Direct Message. Lalu, tap ikon video di bagian atas untuk melakukan video chat. Setelahnya, pilih pengguna Instagram yang ingin dihubungi melalui panggilan video tersebut.

Panggilan video di Instagram bisa dilakukan enam orang sekaligus. Hal ini membuat penggunaan fitur ini semakin menyenangkan karena bisa menghubungi cukup banyak orang sekaligus.

Semua aplikasi ini bisa diunduh di toko Play Store dan App Store, secara gratis. Biaya panggilan video, dipotong dari kuota data, jika pengguna berlangganan paket internet.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini