Sukses

Perjalanan Mudik Lebaran Makin Asyik dengan Google Maps

Untuk membuat mudik semakin mudah dan menyenangkan, saat ini ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan dan salah satunya adalah Google Maps.

Liputan6.com, Jakarta - Momen Lebaran semakin dekat, itu artinya akan kian banyak orang yang melakukan mudik untuk menuju kampung halaman. Untuk membuat mudik semakin mudah dan menyenangkan, saat ini ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan dan salah satunya adalah Google Maps.

Bagi masyarakat yang menggunakaan kendaraan darat, terutama milik pribadi, maka aplikasi peta tersebut akan sangat membantu. Khususnya, bagi yang tidak terlalu mengetahui rute atau ingin mencari alternatif jalan yang lebih baik.

Nah, Google beberapa waktu lalu memperkuat layanan Maps dalam rangka menyambut momen mudik. Raksasa mesin pencari ini juga bekerja sama dengan pemerintah untuk memperbarui berbagai informasi tentang rute terbaik, rest area, posko mudik, dan posko kesehatan.

Semua informasi di atas, dirangkum di dalam Maps. Selain itu, pada situs web infomudik.go.id milik pemerintah, terdapat tab "Mudik bersama Google", yang sudah bisa diakses sejak beberapa waktu lalu.

Rest Area di Google Maps (screenshot)

Pencarian berbagai informasi tersebut juga sangat mudah. Pengguna mudik Idul Fitri 2019 cukup mengetik kata kunci pencarian yang diinginkan, misalnya "rest area Km 97", maka Maps akan langsung memberikan arah ke tempat tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Fitur Explore di Google Maps

Selain menggunakan Maps, pengguna yang sedang diperjalanan juga bisa memanfaatkan fitur Explore di layanan tersebut. Pada fitur Explore ini terdapat sejumlah opsi seperti Food & Drink mencakup restoran dan toko kopi, serta juga berbagai layanan lain seperti lokasi ATM dan hotel terdekat.

Misalnya pemudik Sumatera memilih "Explore Bakauheni", maka mereka bisa mengetahui berbagai lokasi seperti ATM, pom bensin, dan tempat makan, di sekitar wilayah tersebut dengan lebih mudah.

Fitur lain yang bisa mempermudah perjalanan, yakni Offline maps. Namun untuk menggunakannya, pengguna harus mengunduh peta wilayah yang diinginkan terlebih dahulu. Setelahnya, Maps bisa diakses tanpa menggunakan internet.

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.