Review Realme C2, Smartphone Rp 1 Jutaan dengan RAM 3GB dan Kamera Ganda

Oleh Iskandar pada 25 Mei 2019, 05:00 WIB
Realme C2

Liputan6.com, Jakarta - Realme C2 merupakan smarphone entry level dan penerus dari C1. Perangkat ini mengisi lini terbawah dari jajaran produk vendor smartphone Tiongkok tersebut.

Meski paling bawah, Realme mengklaim bahwa produk mereka berbeda dan menawarkan nilai tambah yang lebih dari produk kompetitor.

Di Indonesia, Realme C2 bisa baru memulai pertempurannya dalam menggaet hati pasar. Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan konfigurasi.

Pertama yaitu versi 2GB+16GB yang dijual Rp 1,499 juta. Kemudian ada pilihan kapasitas memori yang lebih tinggi: 3GB+32GB yang dijual seharga Rp 1,699 juta.

Apa saja keunggulan dan kelemahan dari smartphone ini?.Simak review Realme C2 berikut ini. 

Desain Berbeda

Sebagian besar smartphone terjangkau umumnya terlihat membosankan. Untuk menjaga harga tetap rendah dan menawarkan kinerja yang baik, vendor smartphone biasanya tidak memprioritaskan desain.

Realme C2 sepertinya pengecualian karena desainnya cukup menarik. Sama seperti smartphone lain di kelas low-end, Realme C2 dibuat dari plastik, tidak ada material berkelas seperti logam atau kaca. 

Yang membuatnya berbeda dari smartphone murah kebanyakan, Realme C2 tidak mengikuti tren sekarang. Saat ini mayoritas smartphone membalut produk besutannya dengan finishing mengkilap dan warna metalik gradasi, sementara Realme C2 hadir dengan bodi doff.

Memang tidak memberikan kilau yang berlebih saat terkena sinar, tapi masih ada sedikit kilau dari bodinya. Ini karena finishing doff tersebut disertai partikel-partikel kilap seperti mutiara.

Hal tersebut ditambah dengan motif bagian belakangnya yang bergaris-garis. Disebut sebagai desain Diamond Cut, kelompok-kelompok garis tersebut terlihat seperti permukaan berlian yang memantulkan motifnya saat terkena sumber cahaya dari berbagai sisi. 

Menariknya, permukaan doff yang dipilih membuat sidik jari tidak mudah menempel di bodinya. Berbeda dengan finishing mengkilap yang sangat rentan kotoran menempel.

Di Indonesia, Realme C2 tersedia dalam dua pilihan warna: Diamond Black yang mereferensikan warna hitam dan Diamond Blue dengan tampilan warna biru terang.

 

2 of 4

Performa

Realme C2
Realme C2

MediaTek P22 dipercaya untuk menjadi otak penggerak di Realme C2. Ditambah pilihan kapasitas memori hingga 3GB+32GB dan chip delapan inti yang termasuk mumpuni di kelasnya. Apalagi kecepatan clock-nya mencapai 2.0GHz.

Namun, performa pada smartphone Rp 1 jutaan bukanlah segalanya. Pun demikian, chipset tersebut sangat efisien karena dibangun menggunakan arsitektur 12nm.

Performa yang mumpuni di kelasnya itu diseimbangkan dengan penggunakan daya baterai yang hemat. Suatu kombinasi yang baik bagi pengguna kelas pemula, atau yang baru hijrah dari feature phone.

Fitur-fiturnya pun tergolong lengkap. Hal tersebut bisa tercipta berkat sistem operasi yang digunakan, yaitu Color OS 6.0 yang berbasis Android 9 Pie.

Di dalamnya banyak fitur-fitur tambahan dari standar bawaan Google. Sebut saja Smart Assistant, navigasi berbasis gesture, riding mode, dan lainnya.

 

 

3 of 4

Kamera Memenuhi Standar

Hasil foto Realme C2
Hasil foto Realme C2

Masih sama dengan konfigurasi seperti pendahulunya, Realme C2 menggunakan dual camera untuk bagian belakang. Dengan konfigurasi 13MP+2MP, kamu bisa menghasilkan foto bokeh yang cukup detail dan rapi. Dengan catatan, pengambilan foto dilakukan dalam kondisi pencahayaan yang cukup.

Selain mode Portrait, terdapat juga mode-mode lain seperti HDR dan AI Beauty selfie untuk kamera depan yang beresolusi 5MP.

Sebagai tambahan, terdapat mode yang memanfaatkan AI bernama Chroma Boost. Melalui mode ini sistem kamera secara otomatis akan meningkatkan kontras dan detail sehingga hasil foto lebih terlihat dramatis.

Untuk urusan video, kamera utamanya mampu melakukan perekaman hingga 1080p dan mode slow motion 80fps/480p.

 

4 of 4

Baterai Tahan Lama

Realme C2
Realme C2

Seperti yang sudah disinggung di atas, chipset yang digunakan Realme C2 tergolong hemat daya. Oleh karena itu dengan kapasitas baterai 4.000mAh, maka bisa menghidupi smartphone selama seharian.

Kesimpulan

Dengan klaim raja di pasar smartphone kelas pemula, Realme C2 bisa menunjukkan kebolehannya dalam mengalahkan kompetitor. Ini terlihat jelas jika kamu membandingkannya dari sisi harga jual.

Dengan kemampuan seperti perekaman video gerak lambat dan desain yang segar, Realme C2 layak atas klaim yang diberikan kepada dirinya.

(Isk/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓