Samsung Bakal Rilis Galaxy A70S dengan Sensor Kamera 64MP

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 24 Mei 2019, 18:00 WIB
Galaxy A70

Liputan6.com, Jakarta - Bulan lalu, Samsung merilis Galaxy A70, smartphone yang dibekali dengan tiga kamera. Lensa kamera utama dan kamera depannya sebesar 32MP.

Kini, perusahaan Korea Selatan ini bakal merilis Galaxy A70S. Perangkat ini bakal menjadi smartphone pertama yang memiliki sensor kamera 64MP.

Galaxy A70S rencananya akan dirilis pada paruh kedua 2019, namun belum diketahui kapan tanggal resmi peluncurannya.

Berdasarkan laporan, smartphone Galaxy A70S ini akan hadir dengan sensor kamera Samsung ISOCELL Bright GW1.

Mengutip laman Gizmochina, Jumat (24/5/2019), sejauh ini sensor kamera ISOCELL Bright GW1 merupakan sensor kamera 64GB yang menawarkan resolusi paling tinggi di smartphone.

Sensor ini hadir dengan teknologi penggabungan piksel Tetracell dan algoritma remosaic yang menawarkan gambar 16MP dalam lingkungan cahaya rendah, di mana empat piksel digabungkan menjadi satu, guna meningkatkan sensitivitas cahaya.

2 of 3

Bisa Rekam Slow-Motion di Resolusi Full-HD

Samsung
Samsung logo (androidauthority.com)

Teknologi ini juga mendukung HDR real-time hingga 100 desibel (dB) yang memberikan rona lebih kaya.

Sensor ini dilengkapi dengan Dual Conversion Gain yang mengubah cahaya diterima menjadi sinyal listrik.

Nah, teknologi memungkinkan optimalisasi sensor, memanfaatkan cahaya yang dikumpulkan lebih efisien terutama di lingkungan terang.

Kamera ini juga mendukung perekaman slow motion 480fps pada resolusi Full HD, high dynamic range, serta dukungan teknologi deteksi fokus berkinerja tinggi.

Dengan begitu, 64MP akan jadi kamera smartphone yang sensor paling tinggi di pasaran. Saat ini, sensor kamera paling tinggi yang dipakai smartphone adalah 48MP milik besutan Samsung dan Sony.

3 of 3

Dukungan Chipset Qualcomm

Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2017
Ruangan khusus di Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2017 di mana perusahaan mendemokan beberapa produk dan teknologi terbaru yang menggunakan Snapdragon 845. (Liputan6.com/Corry Anestia)

Sebelumnya, Qualcomm menyebut kamera smartphone bisa memiliki sensor 64MP hingga 100MP.

Dikatakan oleh Senior Director of Product Management Qualcomm, Judd Heape, kamera smartphone akan memiliki resolusi yang sangat besar pada tahun ini. 

Dilansir GSM Arena, Minggu (17/3/2019), chipset Snapdragon milik Qualcomm yang ada sekarang, 660, 670, 675, 710, 845, dan 855, sebenarnya sudah mendukung resolusi 192MP. Namun, fitur-fitur seperti multi-frame noise reduction dan zero shutter lag harus dinonaktifkan dulu.

Terlepas dari persoalan teknis tersebut, mengutip laporan dari mysmartprice, Heape mengatakan, sejumlah vendor saat ini sedang bekerja sama dengan produsen sensor kamera agar bisa merilis smartphone dengan resolusi 64MP, bahkan 100MP. Produk tersebut diharapkan bisa meluncur akhir tahun ini.

Menurutnya, saat ini sejumlah vendor berlomba untuk merilis smartphone dengan angka megapiksel tertinggi.

Hal tersebut justru tidak sesuai dengan keinginan Qualcomm, tapi kata Heape, industri ini bergerak ke arah itu.

Heape mengatakan, dia secara pribadi menyukai piksel yang lebih besar daripada piksel yang lebih banyak, untuk peningkatan kualitas gambar. Namun ia tidak mengungkapkan nama vendor yang dimaksud.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓