40 Kota di Tiongkok Bakal Kebagian Jaringan 5G

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 24 Mei 2019, 12:30 WIB
Diperbarui 24 Mei 2019, 12:30 WIB
Jaringan HP 4G dan 5G
Perbesar
Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iSrockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Korea Selatan, Tiongkok bakal menawarkan internet 5G kepada konsumen secara komersil.

Berdasarkan laporan terbaru, Tiongkok akan meluncurkan layanan internet 5G di 40 kota.

Mengutip laman Gizmochina, Jumat (24/5/2019), Wakil Manager Umum di lini produk industri 5G ZTE Michael Gao Wenhao mengatakan, Tiongkok berencana untuk memulai komersialisasi teknologi 5G secara nasional mulai 1 Oktober 2019.

Menurut laporan, BTS untuk 5G di Tiongkok daratan (mainland) akan disediakan oleh tiga perusahaan yakni Huawei, ZTE, dan Ericsson.

Dengan keputusan ini, Tiongkok menjadi satu di antara sejumlah negara pertama di dunia yang menawarkan jaringan 5G secara komersil.

Masih menurut laporan yang sama, sejumlah operator Tiongkok seperti China Mobile, China Unicom, dan China Telecom akan menyiapkan 30-50 ribu BTS 5G di 40 kota di Tiongkok.

Tentunya, hal tersebut bakal jadi pekerjaan berat ketimbang persiapan jaringan 5G di Amerika Serikat dan Korea Selatan. Pasalnya Tiongkok bakal menyiapkan jaringan 5G yang lebih luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jaringan 5G Pertama di Tiongkok

Jaringan HP 4G dan 5G
Perbesar
Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iSrockphoto)

Sebelumnya pada bulan lalu, jaringan 5G pertama di Tiongkok diuji coba di Qianhai-Shekou Free Trade Zone di Shenzhen.

Perusahaan telekomunikasi negara Tiongkok China Unicom membangun 111 BTS 5G dengan menggandeng FTZ di Shenzhen.

Ini akan membantu perusahaan dan masyarakat untuk menikmati dan merasakan teknologi terbaru ini.

Dengan latensi rendah dan kecepatan internet yang lebih kencang, akan ada peluang yang lebih baik di berbagai bidang, pun demikian dengan startup teknologi hingga perusahaan.

Selanjutnya, kapasitas BTS 5G akan ditingkatkan menjadi 7.000 BTS di Shenzhen sebelum 2020.

China Unicom sebelumnya menguji jaringan 5G di Beijing, Tianjin, Qingdao, Hangzhou, Nanjing, Wuhan, Chengdu, Fuzhou, Zhenzhou, dan Shenyang.

Pada 2020, operator ini juga ingin menghadirkan jaringan 5G di beberapa kota lain dengan membangun 10.000 BTS 5G.


Download Film Pakai 5G Cuma 8 Detik

Jaringan HP 4G dan 5G
Perbesar
Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iSrockphoto)

Di Amerika Serikat, operator yang sudah menghadirkan jaringan 5G adalah Verizon. Nah, belum lama ini wartawan The Verge Chris Welch mencoba jaringan 5G menggunakan perangkat Galaxy S10 5G milik Samsung.

Mengutip The Verge, Sabtu (18/5/2019), dengan adanya jaringan 5G ini, pengguna bisa mengakses internet dengan sangat cepat.

Berdasarkan hasil pengujian speed test, jaringan internet 5G Verizon ini melampaui kecepatan 1Gbps. Padahal menurut Welch, kecepatan internet pada iPhone XS Max miliknya hanya mencapai 20Mbps saat diuji di tempat yang sama.

Welch membuktikan kecepatan internet 5G tersebut dengan cara mengunduh film pakai Galaxy S10 5G.

Dia menyebut, kecepatan unduh menggunakan jaringan 5G jauh melebihi kecepatan jaringan LTE saat ini. Bahkan, saat dipakai mengunduh film, kecepatan internet bisa mencapai 700Mbps.

"Saya berada di Chicago dan mencoba mengunduh film The Office di Netflix dengan kualitas tinggi. Film ini bisa diunduh dalam waktu 8 detik. Itu benar, saya tidak salah tulis," kata Welch.

Tidak hanya satu film, ia mencoba mengunduh film lainnya yakni Iron Man 2 dari platformAmazon Prime Video dengan kualitas terbaik. Film Iron Man 2 itu pun selesai diunduh dalam waktu 90 detik saja.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya