Ups, Jutaan Data Selebgram Bocor

Oleh Athika Rahma pada 22 Mei 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 24 Mei 2019, 06:13 WIB
Ilustrasi Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Database besar milik jutaan influencer, selebritas dan akun brand di Instagram dikabarkan bocor. Database yang dikelola oleh Amazon Web Services tersebut terekspos tanpa kata sandi (password), membuat orang-orang bisa dengan bebas melihat isinya.

Hingga saat ini, dilansir dari Tech Crunch, Rabu (22/5/2019), lebih dari 49 juta entri yang tersimpan di database telah terekspos dan diperkirakan bakal terus bertambah dari waktu ke waktu.

Secara singkat, tiap entri data influencer berisi biodata, foto profil, jumlah pengikut, informasi apakah mereka terverifikasi atau tidak, lokasi (kota dan negara) serta kontak privat mereka seperti alamat email dan nomor telepon. Selain itu, ada pula data-data jumlah like, share, interaksi, dan jangkauan.

Adalah pengamat keamanan Anurag Sen yang menemukan kebocoran database ini. Dia kemudian melacak penyebab database bisa terbuka.

Ternyata, database ini milik salah satu perusahaan pemasaran media sosial asal India, Chtrbox. Perusahaan ini kerap membayar influencer di Instagram untuk mem-posting iklan dan mengendorse produk mereka.

Chtrbox memanfaatkan database tersebut untuk menghitung besaran bayaran yang harus mereka berikan untuk tiap influencer berdasarkan popularitas dan kontennya.

Untungnya, para pemilik akun sudah dihubungi mengenai kebocoran data tersebut. Facebook juga sudah angkat bicara mengenai hal ini.

"Kami sedang mempelajari bagaimana database tersebut bisa bocor, termasuk email dan nomor telepon, apakah dari Instagram sendiri atau sumber lain," ujar juru bicara Facebook.

Sementara, pihak Chtrbox belum memberikan komentar apapun.

2 dari 3 halaman

Instagram Permak Fitur Explore, Kini Tampilkan Stories dan IGTV

Instagram
Ilustrasi Instagram (iStockPhoto)

Instagram kembali memermak aplikasinya. Kali ini, aplikasi milik Facebook tersebut mengubah tampilan dari tab Explore.

Dikutip dari Engadget, Sabtu (18/5/2019), salah satu perubahan yang terlihat ada di navigation bar. Kini, pengguna dapat mengakses lebih cepat sejumlah tab dan fitur yang ada di explore.

Hal baru yang dapat dilihat adalah kehadiran tab IGTV dan Shop. Dua tab anyar itu menambah jajaran tab sebelumnya yang dibagi berdasarkan kategori unggahan.

Tidak hanya itu, Instagram juga akan menambahkan unggahan di Stories untuk masuk dalam tabExplore. Namun, fitur ini baru akan tersedia dalam beberapa minggu ke depan.

"Hari ini, kami mengumumkan desain baru di Explore, menghadirkan cara baru untuk kamu menemukan foto, video, produk, dan Stories yang relevan dengan ketertarikanmu," tulis Instagram dalam pernyataannya.

Menurut Instagram, perubahan ini merupakan langkah penting bagi fitur Explore. Sebab, fitur ini sudah digunakan lebih dari 50 persen akun Instagram setiap bulan.

Di samping itu, hadirnya Stories di Explore tidak lepas dari pamor layanan tersebut. Untuk diketahui, Stories sudah digunakan lebih dari 500 juta orang di Instagram, sehingga wajar layanan itu terus didorong penggunaannya.

3 dari 3 halaman

Instagram Hadirkan Filter dan GIF Bertema Ramadan

Ilustrasi konten Instagram
Ilustrasi konten Instagram. (dok. pexels.com/Asnida Riani)

Sebelumnya, Instagram meluncurkan filter dan GIF bertema Ramadan di Instagram Story untuk pengguna di seluruh dunia.

Ini merupakan filter dan GIF Instagram pertama yang bertema Ramadan.

Filter dan GIF bertema Ramadan ini dirilis untuk menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri. Pasalnya, Instagram menjadi salah satu media untuk mengekspresikan diri, berbagi cerita, dan berinteraksi dengan orang-orang terdekat.

Mengutip keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (6/5/2019), filter untuk Ramadan yang ada di Instagram Stories bernama "Lantern".

Lantern bisa ditemukan di bagian filter Instagram Stories mulai tanggal 5 Mei hingga 5 Juni 2019.

"Lantern menampilkan ornamen bulan sabit bokeh dan menawarkan pilihan desain saat diketuk," tutur dalam keterangannya.

Untuk melihat pilihan desain yang ditawarkan, pengguna hanya tinggal mengetuk bagian tengah layar.

Khusus untuk pengguna di Indonesia, Instagram berkolaborasi dengan lima kreator Indonesia untuk menciptakan stiker GIF berisi pesan singkat.

Pengguna bisa membagikan momen-momen penting di bulan Ramadan ini. Misalnya saat sahur, ngabuburit, buka puasa, selamat Lebaran, hingga ucapan 'Mohon Maaf Lahir dan Batin.'

Adapun lima kreator Indonesia yang bekerja sama dengan Instagram antara lain adalah the popo, byputi, Dinda Puspitasari, Irfan Nugroho atau bulletos, dan Haikal.

Untuk menemukan stiker-stiker GIF bertema Ramadhan ini, Anda tinggal mengetik “Ramadhan Instagram” pada kolom pencarian GIF di Instagram Stories.

Communication Manager Instagram Asia-Pasific Putri Silalahi mengatakan, Ramadan merupakan momen spesial yang mendorong interaksi tinggi di antara pengguna Instagram di Indonesia.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓