Divisi Baru Sony Bakal Adaptasi Kisah Gim ke Film

Oleh Agustinus Mario Damar pada 22 Mei 2019, 11:00 WIB
Sony PlayStation

Liputan6.com, Jakarta - Sony Interactive Entertainment baru saja mengumumkan pembentukan divisi baru yang diberi nama PlayStation Production. Divisi anyar ini bertugas untuk mengangkat kisah gim ke dalam adaptasi film atau serial TV.

Dikutip dari Polygon, Rabu (22/5/2019), divisi anyar ini akan dipimpin oleh Asad Qizilbash, seorang veteran Sony yang sudah bekerja dalam perusahaan itu selama 11 tahun.

Divisi juga akan dipantau oleh chairman SIE Worlwide Studios, Shawn Layden.

Nantinya, perusahaan ini akan secara mandiri memproduksi dan mengembangkan film termasuk serial TV.

Dengan kata lain, PlayStation tidak akan memberikan lisensi properti intelektualnya ke studio eksternal.

Sementara itu, Sony Pictures Studios akan menangani distribusi dari film maupun serial TV yang diproduksi PlayStation Productions.

Adapun untuk saat ini, Qizilbash menuturkan masih mencari media yang tepat termasuk tim kreatif untuk proyek-proyeknya.

PlayStation Production sendiri mengatakan pihaknya sudah memiliki lebih dari 100 judul gim yang dapat diadaptasi. Namun, belum diungkap judul-judul gim yang akan dipilih menjadi film atau serial TV.

Dalam keterangannya, Layden mengatakan keputusan untuk membentuk divisi ini terinspirasi dari Marvel.

Seperti diketahui, Marvel membentuk Marvel Studios untuk membantu mengadaptasi kisah komik menjadi film dan hasilnya positif.

Sony sebenarnya sudah memiliki beberapa proyek terkait adaptasi film dari gim, tapi memang tidak terlalu besar. Salah satunya adalah film animasi Ratchet & Clank yang rilis pada 2016.

Tidak hanya itu, sebenarnya ada judul lain yang juga beberapa kali dikabarkan akan diadaptasi menjadi film yakni Uncharted. Akan tetapi, hingga sekarang belum ada informasi resmi mengenai proyek tersebut.

2 of 3

Sony Pastikan Tidak Akan Rilis PS5 hingga 2020

PlayStation 4 Pro
Harga PS4 Pro? (Doc: Engadget)

Beberapa waktu lalu, Sony memastikan sedang mengembangkan generasi PlayStation terbaru yang besar kemungkinan akan diberi nama PlayStation 5 (PS5).

Namun hingga saat ini, perusahaan belum mengumumkan kapan konsol tersebut akan dirilis ke publik.

Terbaru, indikasi mengenai jadwal rilis PS5 tersebut sedikit terungkap. Informasi ini diketahui dari laporan keuangan akhir tahun yang diumumkan beberapa hari lalu.

Dikutip dari Fortune, Senin (28/4/2019), dalam laporan itu Sony menyebut pihaknya tidak akan merilis konsol anyar selama tahun fiskal 2019.

Dengan kata lain, konsol anyar yang dirilis Sony paling cepat akan meluncur pada April 2020.

Namun, Sony sendiri tidak mengungkap lebih jelas rencana tersebut, sehingga tidak tertutup kemungkinan peluncuran konsol generasi selanjutnya dapat lebih lama dari yang diungkapkan saat ini.

Sebelumnya, Sony juga akhirnya menyibak tabir misteri yang menyelubungi konsol PS5. Hal itu diungkap oleh Mark Cerny, kepala arsitek konsol baru Sony tersebut.

Menurutnya, konsol PS5 akan memiliki peningkatan yang luar biasa dalam hal kecepatan prosesor, kualitas grafis, dan audio.

3 of 3

Dikembangkan Sejak 5 Tahun Lalu

PS4 Pro
Penampakan konsol PS4 Pro edisi khusus. (Doc: PlayStation)

Sekadar informasi, ini merupakan kali pertama Sony angkat bicara di ranah publik tentang penerus konsol PS4.

Dikutip dari Wired via Gamesradar, PS5 akan kompatibel dengan judul gim PS4 dan masih mengusung disk drive--beda dengan Microsoft yang memutuskan tak pakai disk drive untuk konsol barunya.

Dari sesi wawancara tersebut, terungkap juga ternyata perusahaan asal Jepang ini sudah mengembangkan PS5 lebih dari empat tahun.

Cerny juga mengatakan, sejumlah studio gim kenamaan di dunia saat ini sudah mengerjakan judul gim yang bakal dirilis bersamaan atau usai konsol terbaru Sony itu meluncur di pasaran.

Ini berarti, pengembang bakal meluncurkan dua judul gim yang sama untuk konsol PS4 dan PS5

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait