Minecraft Terjual 176 Juta Kopi di Seluruh Dunia

Oleh Athika Rahma pada 23 Mei 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 23 Mei 2019, 07:13 WIB
Minecraft.jpg

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal Minecraft? Gim yang resmi dibeli Microsoft 2014 lalu ini dikenal luas dan dikabarkan sudah terjual 176 juta kopi di seluruh dunia.

Ini merupakan angka yang impresif. Tujuh bulan lalu, Microsoft mengkonfirmasi Minecraft telah terjual 156 juta kopi. Itu artinya hanya dalam waktu 7 bulan, Minecraft berhasil menjual 20 juta kopi.

Alasan dibalik terjualnya gim dengan angka yang fantastis tak lain karena Microsoft selalu memberikan update dan improvement gim, demikian seperti dilansir dari Ubergizmo, Kamis (23/5/2019).

Tercatat, sudah ada browser gratis versi gim, versi co-op online dan sekarang, terdapat versi augmented reality yang disebut Minecraft Earth.

Raksasa teknologi ini juga mengungkapkan hingga saat ini pengguna terdaftar Minecraft edisi Tiongkok mencapai 200 juta dan lebih dari 130 juta sesi Minecraft Hour of Code sudah diselesaikan.

Mungkin prestasi Minecraft bakal jadi salah satu prestasi terbesar dalam dunia gim. Untuk saat ini, fokus Microsoft adalah ingin memberikan pengalaman gim yang menyenangkan lewat Minecraft Earth.

2 of 4

Minecraft Dimainkan 75 Juta Orang Per Bulan

Minecraft
2D Minecraft

Minecraft terus melesat menjadi sebuah gim paling populer yang pernah diciptakan. Bagaimana tidak, gim yang pernah dibeli Microsoft pada 2014 dengan nilai US$ 2,5 miliar (setara Rp 33,3 triliun) itu, kini sudah terjual 144 juta kopi.

Bahkan, mengutip laman Business Insider Singapore, Senin (22/1/2018), kini Minecraft dimainkan oleh 75 juta orang per bulannya.

Dalam wawancara dengan Head of Microsoft Minecraft Group Helen Chiang dengan PopSugar, ia mengungkapkan  pencapaian tersebut sangat luar biasa. "Jumlah tersebut luar biasa, bahkan dengan standar Minecraft saat ini," katanya.

Minecraft pun dianggap telah menjadi fenomena yang sangat eksplosif sejak awal kehadirannya.

Bermula dari sebuah gim yang berproses, Minecraft  dibuat oleh Markus "Notch" Persson. Gim tersebut awalnya hadir dengan grafis dan kontrol yang tak sempurna dan hanya tersedia di PC.

Hal tersebut dianggap sebagai permainan yang belum selesai lantaran hanya dimainkan oleh satu orang. Kendati begitu pada prosesnya, jutaan orang membeli dan memainkan versi awal Minecraft.

3 of 4

Dunia Tercengang saat Microsoft Beli Minecraft

Minecraft
Minecraft. (Doc: Microsoft)

Bahkan, saat Microsoft memutuskan membeli gim tersebut pada 2014, dunia teknologi terkejut dan ragu dengan pembelian gim Minecraft. Kendati begitu, penciptanya, yakni Persson tidak ikut bergabung dengan Microsoft.

Sejak dibeli Microsoft, Minecraft pun makin sukses dan pemain aktif per bulannya pun banyak yang berasal dari Prancis, Inggris, Italia, dan Korea Selatan.

Lantas, mengapa Minecraft bisa sukses? Minecraft mirip dengan Lego virtual. Ya, Minecraft merupakan sebuah sistem yang dibuat secara bersama oleh para pemainnya. Mereka menciptakan beragam hal menakjubkan, dari yang tadinya bukan apa-apa.

Minecraft menyediakan blok bangunan dan kanvas kosong. Pengguna pun bebas untuk membuat apapun dengan alat dan sistem yang disediakan.

(Tik/Jek)

4 of 4

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓