Sukses

Warga Indonesia Paling Banyak Akses Internet Lewat Smartphone

APJII memaparkan survei penetrasi internet di Indonesia, total ada 171,17 juta pengguna internet di Indonesia, di mana mayoritas pengguna terhubung melalui smartphone setiap hari dengan persentase 93,9 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengumumkan hasil survei penetrasi internet di Indonesia, di mana pengguna internet saat ini sebanyak 171,17 juta orang atau 64,8 persen dari populasi penduduk.

Dari jumlah tersebut, rupanya pengguna internet di Indonesia paling banyak terhubung melalui smartphone setiap hari dengan persentase 93,9 persen.

Sementara, 17,2 persen pengguna mengaku terhubung dengan laptop tiap hari. Masifnya penggunaan smartphone rupanya membuat koneksi internet dengan laptop atau komputer dekstop jadi lebih rendah.

Berdasarkan hasil survei, 68,9 persen responden mengaku tidak pernah terhubung lewat komputer desktop. Hanya 9,6 persen pengguna yang terhubung lewat komputer desktop.

Sekretaris Jenderal APJII, Henri Kasyfi Soemartono mengatakan, "pengguna yang terhubung dengan perangkat komputer kini sangat jarang sekali."

Karena menggunakan smartphone, para pengguna internet lebih sering terhubung melalui paket kuota seluler. Sementara, tak terlalu banyak yang terhubung lewat koneksi fixed cable di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berapa Lama Orang Pakai Internet dalam Sehari?

Survei APJII juga menyebut, rata-rata pengguna terhubung selama 3-4 jam ke koneksi internet.

Pengguna lainnya menggunakan internet 2-3 jam sebanyak 13,4 persen. Kemudian, pengguna yang memakai internet selama 1-2 jam dalam sehari sebesar 13 persen.

Meski lebih sedikit persentasenya, ada responden yang mengaku pakai internet selama 4-5 jam (10,3 persen), 5-6 jam (8,4 persen), dan 6-7 jam sebesar 5 persen, bahkan ada pengguna yang memakai internet di atas 8 jam, namun jumlahnya lebih sedikit.

Internet rupanya tak hanya dimanfaatkan untuk hal-hal positif atau mencari pengetahuan. Buktinya, ada 49 persen responden yang pernah di-bully di internet.

Ketika di-bully, mayoritas (31,6 persen) responden memilih untuk membiarkan saja. Namun ada juga yang balas mem-bully (7,9 persen) dan menghapus unggahan perundungan tersebut (5,2 persen).

"Internet juga belum bebas dari konten negatif. Hal ini dibuktikan dengan hasil survei APJII yang menyebut, ketika sedang browsing 55,9 persen pengguna mengaku di perangkatnya muncul konten iklan porno," kata Henri memaparkan hasil survei.

3 dari 3 halaman

Operator Paling Banyak Dipakai

Smartphone menjadi pilihan utama orang Indonesia saat mengakses internet. Untuk dibutuhkan sambungan internet dari operator telekomunikasi.

Berdasarkan hasil survei APJII, 43 persen pengguna internet di Indonesia mengakses internet dengan jaringan operator Telkomsel.

Kemudian, 18,1 persen pengguna internet mobile mengakses internet lewat operator Indosat Ooredoo.

Tak berbanding jauh, 18 persen pengguna mengakses internet dengan jaringan milik XL Axiata.

Disusul di belakangnya adalah operator seluler Tri Indonesia dengan persentase 11,6 persen dan Smartfren 2,6 persen.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini