Sukses

Tiongkok Blokir Total Wikipedia

Artinya, seluruh laman Wikipedia dalam seluruh bahasa tak bisa diakses di negara Tirai Bambu tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Tiongkok kini memblokir laman Wikipedia secara keseluruhan. Artinya, seluruh laman Wikipedia dalam seluruh bahasa tak bisa diakses di negara Tirai Bambu tersebut.

Mengutip laman BBC, Kamis (16/5/2019), Wikimedia Foundation selaku organisasi pusat pengelola Wikipedia mengkonfirmasi, pemblokiran Wikipedia secara total di Tiongkok ini telah dilakukan sejak April lalu.

Adapun alasan Wikipedia diblokir secara total di Tiongkok lantaran berdasarkan peneliti sensor internet, Wikipedia telah bergabung dengan ribuan website lain yang tidak dapat diakses di Tiongkok.

Sebelumnya, Tiongkok sudah memblokir Wikipedia berbahasa mandarin dan kini pemblokiran dilakukan secara menyeluruh. Oleh karenanya, laman Wikipedia kini sama sekali tak bisa diakses di mainland Tiongkok.

Wikimedia mengatakan, pihaknya tidak mendapatkan pemberitahuan apapun mengenai pemblokiran secara keseluruhan di Tiongkok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Wikimedia

"Pada akhir April, Wikimedia Foundation menentukan, Wikipedia tak bisa lagi diakses di Tiongkok. Setelah menganalisis laporan trafik internal kami, kami mengonfirmasi bahwa Wikipedia kini diblokir di Tiongkok dalam seluruh bahasa," kata Wikimedia dalam pernyataannya.

Ensiklopedia yang diedit oleh komunitas secara gratisan ini terkadang memang diblokir oleh otoritas di seluruh dunia.

Misalnya, pada 2017, situs tersebut diblokir di Turki dan telah diblokir sementara di Venezuela.

3 dari 3 halaman

Pendiri Wikipedia Diblokir Layanannya Sendiri

Larry Sanger, salah satu pendiri Wikipedia diblokir dari layanannya sendiri sehingga tidak mengedit artikel.

"Mungkin seseorang masuk dengan akun saya dan melakukan beberapa kerusakan, tapi saya akan pelajari dulu," kata Sanger seperti dilansir The Next Web, Sabtu (23/2/2019).

Untuk diketahui, Sanger mendirikan Wikipedia bersama Jimmy Wales. Sebelumnya, hubungan mereka tidak berjalan baik. Wales dikabarkan pernah memblokir Sanger di Twitter.

"Mungkin itu terkait, tetapi meragukan (pemblokiran di Twitter)," kata Sanger.

Rupanya, hal tersebut merupakan kesalahpahaman sederhana. Sanger kemudian menyadari bahwa dia tidak sengaja masuk dengan username yang salah. Ia memakai akunnya yang telah lama tidak dipakai.

Juru Bicara Wikipedia mengatakan akun lama yang tidak aktif untuk beberapa waktu--sekitar 10 tahun--akan diblokir oleh administrator sehingga tidak dapat melakukan kontribusi, seperti menyunting artikel lagi.

Hal itu menjelaskan mengapa Sanger mendapat pesan bahwa dia telah diblokir ketika mengetik nama pengguna yang sedikit berbeda.

Kesalahpahaman

"Ternyata saya tidak 'diblokir' oleh Wikipedia, itu semua kesalahpahaman konyol yang disebabkan oleh saya. Saya coba masuk dengan 'LarrySanger' ketika nama pengguna saya adalah 'Larry Sanger'. Saya lupa ada spasi," kata Sanger melalui akun Twitternya.

Sebenarnya ada beberapa ketentuan yang jika dilanggar akan menyebabkan akun Wikipedia diblokir.

Pertama, sebuah akun kedapatan menyinggung seseorang secara personal. Kedua, akun digunakan hanya untuk melakukan vandalisme. Ketiga, akun hanya digunakan untuk melakukan spam.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini