Apple Rilis iOS 12.3, Apa Saja Fitur Terbarunya?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 15 Mei 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 15 Mei 2019, 09:16 WIB
iOS 12.3

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi terbarunya, iOS 12.3. Sistem operasi bagi perangkat Apple ini menghadirkan sejumlah pembaruan dan fitur-fitur anyar untuk iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Apa saja pembaruan yang disuguhkan pada versi terbaru dari OS Apple ini?

Mengutip laman Viral Mobile Tech, Rabu (15/5/2019), pembaruan baru untuk sistem operasi ini menampilkan aplikasi TV yang dirancang ulang dengan kemampuan untuk langganan saluran langsung di aplikasi.

Kehadiran pembaruan aplikasi TV ini bukanlah perilisan layanan streaming Apple TV Plus, melainkan langkah untuk memperkenalkan pengguna pada desain terbaru jelang peluncuran Apple TV Plus beberapa bulan mendatang.

Fitur baru pada OS ini adalah desain ikon anyar pada aplikasi Remote. Kini pengguna bisa melihat riwayat transaksi pada Apple Pay, lengkap dengan lokasi transaksi berlangsung. Sayangnya, fitur ini tak bisa dinikmati secara penuh di Indonesia. 

Ketika membuka aplikasi TV, pengguna hanya disuguhkan film-film yang bisa disewa atau dibeli melalui iTunes.

iOS 12.3 juga memperluas dukungan AirPlay 2 sehingga pengguna bisa berbagi video dan foto dengan berbagai TV pintar milik Samsung.

2 of 3

Cara Update ke iOS 12.3

iOS 12
Ilustrasi iOS 12. (Foto: 9to5mac)

Untuk mengunduh pembaruan iOS 12.3 ini, pengguna hanya perlu mengunduh update dengan membuat aplikasi Setting, pilih General, kemudian Software Update.

Perilisan update iOS 12.3 ini diharapkan akan menjadi pembaruan besar terakhir yang digulirkan Apple sebelum merilis iOS 13 pada Juni mendatang.

Berdasarkan rumor, iOS 13 akan kebagian sejumlah fitur seperti dark mode, jendela multitasking terbaru pada iPad, kemungkinan dukungan mouse, peningkatan kinerja perangkat, hingga sejumlah perbaikan bug.

3 of 3

iOS 13 Usung Dark Mode

Jumbo
Jumbo, aplikasi iOS yang bisa menghapus cuitan dan pencarian di Google. (Foto: The Next Web)

Sebelumnya diumumkan, ada beberapa fitur yang akan tersedia di iOS 13, antara lain adalah universal dark mode, gestur baru, hingga perubahan visual.

Berdasarkan laporan, dark mode dalam iOS akan memiliki kemampuan seperti fitur serupa yang ada di macOs Mojave. Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini dari Settings.

Saat fitur ini diaktifkan, aplikasi yang sudah mendukungnya ini akan berubah menjadi dark mode begitu dibuka. Namun, belum diketahui apakah fitur ini juga mendukung aplikasi non-Apple.

Perubahan lain yang juga dihadirkan Apple dalam iOS kali ini adalah memungkinkan pengguna untuk membuka banyak windows dalam satu aplikasi di iPad.

Selain itu, peningkatan yang dilakukan Apple dalam iOS ini adalah penggunaan berbasis gestur.

Di iOS 13, pengguna disebut dapat menghapus teks di keyboard dengan menyapu tiga jari di layar. Cara ini akan menggantikan gestur getar yang ada saat ini.

Apple juga mempermudah pengguna memilih beberapa item dalam tampilan baris atau tabel. Pengguna tinggal membuat persegi panjang di item yang ingin dipilih.

Metode ini sebenarnya mirip dengan yang ada di macOS. Terakhir, Apple turut mengubah tampilan popup volume yang ada di iOS versi terbaru ini.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by