Daftar Smartphone Nokia dan Xiaomi yang Bisa Jajal Android Q

Oleh Agustinus Mario Damar pada 10 Mei 2019, 10:00 WIB
Android Q

Liputan6.com, Jakarta - Google telah mengumumkan rencananya untuk merilis sistem operasi terbaru besutannya, yakni Android Q. Rencananya, sistem operasi ini akan dirilis pada Agustus atau September 2019.

Seperti biasa, Google pun membuka akses beta untuk Android Q untuk smartphone Pixel.

Selain smartphone Pixel dari Google, sejumlah vendor smartphone seperti HMD Global (pemilik merek Nokia) dan Xiaomi juga turut membuka program beta Android Q.

Dikutip dari Phone Arena, Jumat (10/5/2019), keduanya juga sudah memastikan daftar smartphone yang dapat menjajal Android Q dalam versi beta.

Untuk HMD Global, perusahaan menyebut bahwa perangkat pertama Nokia yang dapat merasakan Android Q adalah Nokia 8.1. Pengguna Nokia 8.1 dapat mencobanya melalui program developer preview.

Sementara Xiaomi memastikan ada dua model smartphone yang bisa lebih dulu mencoba Android Q versi beta. Smartphone tersebut adalah Mi 9 dan Mi MIX 5G.

Keputusan Xiaomi untuk memasukkan daftar Mi MIX 5G membuat perangkat tersebut smartphone 5G pertama yang mendukung Android Q beta.

Sama seperti Nokia, pengguna yang tertarik dapat mendaftar ke laman program beta Xiaomi.

Kendati demikian, perlu diingat bahwa Google baru merilis versi beta dari Android Q, sehingga besar kemungkinan ada fitur yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Oleh sebab itu, pengguna yang tidak ingin mengalami hal itu dapat menunggu hingga versi finalnya rilis.

2 of 3

Smartphone Pixel Sudah Bisa Cicipi Android Q Beta 1

Ilustrasi Android 9 Pie
Ilustrasi Android 9 Pie (Foto: Google)

Google akhirnya merilis versi beta pertama OS Android Q, tapi tidak untuk semua perangkat Android. Sejauh ini, yang bisa mencicipi OS tersebut adalah smartphone Pixel.

Dilansir GSM Arena, Jumat (15/3/2019), smartphone yang sudah bisa mencicipi OS tersebut, Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, dan Pixel 3 XL.

Ketersediaan untuk Pixel dan Pixel XL dinilai cukup mengejutkan mengingat keduanya sudah melewati waktu dukungan untuk fitur-fitur baru. Namun, belum diketahui apakah keduanya akan mendapatkan versi final Android Q atau tidak.

Para pengguna Pixel bisa mendapatkan software Android Q beta ini melalui program Android Beta. Kemudian, pengguna akan menerima OS tersebut melalui over-the-air.

Android Q Beta 1 ini terutama ditujukan bagi para developer untuk memulai pengujian aplikasi mereka. Oleh sebab itu, jika Anda tertarik dengan OS ini, harus mempersiapkan diri karena versi beta biasanya belum stabil dan banyak bug.

3 of 3

Hampir Setahun Dirilis, Baru 10 Persen Perangkat yang Pakai Android Pie

Android Pie
Android Pie. (Doc: Android Guys)

Google mengumumkan, baru 10,4 persen perangkat Android di dunia yang menjalankan OS Android Pie. Android Pie merupakan OS paling baru yang dirilis Google sekitar sembilan bulan lalu, tepatnya pada Agustus 2018.

Mengutip laman The Verge, Rabu (8/5/2019), hari ini Android Pie telah dirilis selama sembilan bulan ke pengguna Android. Meskipun tak terlalu tinggi, terdapat peningkatan persentase pengguna yang memakai OS terbaru dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dibandingkan tahun lalu pada Mei 2018, jumlah pengguna yang sudah memakai Android Oreo hanya 5,7 persen. Tahun lalu, Android Oreo jadi OS paling baru dari perusahaan.

Dengan begitu, diketahui Android Pie dipakai dua kali lebih banyak ketimbang saat Android Oreo baru rilis.

Meski begitu, saat ini berdasarkan data Google, perangkat Android paling banyak menjalankan OS Android Oreo dengan persentase 28,3 persen.

Selanjutnya OS Android yang juga banyak dipakai adalah Android Nougat (Android 7.0 dan 7.1) dengan persentase 19,2 persen.

Kemudian di bawahnya ada Android 6.0 atau Marshmallow yang digunakan di 16,9 persen perangkat.

Ada juga OS lainnya yang diadopsi oleh cukup banyak perangkat, yakni Android Lollipop (Android 4.1 dan 4.0) dengan persentase 14,5 persen.

Dengan persentase 10,4 persen, Android Pie kini berada di peringkat kelima sebagai Android yang paling banyak digunakan.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓